Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

Puluhan Hektar Sawah Petani Direndam Banjir

Kontributor DaerahBencana Alam 18 Februari 2020 JAM 06:17:57 WIB

Sejumlah petani di kampung Gunung Cerek Kenagarian Gurun Panjang Utara Kecamatan Baying, Kabupaten Pesisir Selatan mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. Hal ini terjadi karena areal pertanian mereka yang baru saja ditanami padi direndam banjir. Rata-rata padi yang baru ditanami itu baru berusia tujuh hari, beginilah kondisi lahan pertanian masyarakat dikampung Gunung Cerek Kenagarian Gurun Panjang Utara, masyarakat tak bisa berbuat banyak karna peristiwa bencana seperti banjir sering melanda daerah itu.

Diperkirakan puluhan hektar sawah dikampung tersebut terancam gagal panen karna sebagian tanaman padi hanyut terbawa arus air,  dan sebagian lagi layu atau tidak kokoh lagi berdiri layaknya tanaman yang normal. Banjir yang sebelumnya melanda Kecamatan Bayang khususnya Kenagarian Gurun Panjang Utara, Gurun Panjang Selatan dipicu oleh luapan batang sungai lumpo yang berada di Kecamatan IV Jurai.

Kepala seksi kedaruratan badan penanggulangan bencana daerah Kabupaten Pesisir Selatan Hasnul Karim mengatakan, dari hasil pantauan saat berada dilokasi bencana total kerugian atas dampak banjir yang melanda lahan pertanian masyarakat diperkirakan mencapai dua puluh lima juta rupiah.

Hasnul Karim menyampaikan terkait dampak banjir di lahan pertanian warga maka, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan dinas pertanian setempat dengan harapan dinas terkait dapat melakukan upaya selanjutnya sebagai tindak lanjut dari permasalahan masyarakat petani.

Wartawan : BAMBANG PUTRA NIKO
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat