Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Pengurus Mesjid Diminta Cermat Memilih Hewan Qurban

TVRI Sumatera BaratSeputar Kota Padang 23 Agustus 2016 JAM 06:48:48 WIB

Pengurus Mesjid di Kota Padang diminta cermat dalam memilih hewan qurban. Hewan kurban yang akan diqurbankan hendaknya harus melalui sejumlah kriteria diantaranya cukup umur dan berjenis kelamin jantan.

Data yang diperoleh dari Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan Kota Padang tahun 2015 lalu, masih ditemukan hewan kurban berjenis kelamin betina dan belum cukup umur yang dikurbankan dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Adha. Padahal ketentuan hewan qurban diantaranya yakni sudah berumur 2 tahun dan dihimbau tidak menyembelih sapi betina.

Pihak Dinas Peternakan juga telah sering memberikan sosialisasi kepada pengurus Mesjid setiap tahunnya terkait hewan qurban. Untuk sapi betina yang boleh disembelih yakni yang sudah dinyatakan mandul oleh dokter hewan terkait. Sementara daging sapi asal Pesisir Selatan yang telah berumur 2 tahun lebih biasanya sekitar 50 hingga 55 kilogram sedangkan untuk daging sapi Bali yang telah berumur dua tahun lebih menghasilkan daging seberat 80 kilogram.

Pada tahun lalu kebutuhan sapi qurban di Kota Padang mencapai 5.700 lebih dan tahun ini diperkirakan akan mengalami peningkatan karena setiap tahunnya kebutuhan hewan qurban selalu meningkat. Untuk itu pengurus Mesjid diminta lebih cermat dalam memilih hewan kurban terlebih saat ini mulai bermunculan pedagang hewan ternak musiman yang jumlahnya mencapai ratusan di kota Padang.

Wartawan : Novika / Agusri
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat