Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Kamis, 21 Juni 2018

14 : 00SUMBAR SEKILAS
14 : 02KULINER
14 : 30SALINGKA TANI
15 : 00BERITA RANAH MINANG
16 : 00DEBAT PILKADA KALBAR
17 : 30RANTAK
 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,2SR
18-Jun-18 19:11:18 WIB
Kedalaman 10 Km
222 Km Southeast Bovendigoel-papua
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
TVRI Sumatera Barat • Kota Padang23 Agustus 2016 - 06:48 WIB
Pengurus Mesjid Diminta Cermat Memilih Hewan Qurban
Pengurus Mesjid Diminta Cermat Memilih Hewan Qurban

Reporter : Novika / Agusri • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Pengurus Mesjid di Kota Padang diminta cermat dalam memilih hewan qurban. Hewan kurban yang akan diqurbankan hendaknya harus melalui sejumlah kriteria diantaranya cukup umur dan berjenis kelamin jantan.

Data yang diperoleh dari Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan Kota Padang tahun 2015 lalu, masih ditemukan hewan kurban berjenis kelamin betina dan belum cukup umur yang dikurbankan dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Adha. Padahal ketentuan hewan qurban diantaranya yakni sudah berumur 2 tahun dan dihimbau tidak menyembelih sapi betina.

Pihak Dinas Peternakan juga telah sering memberikan sosialisasi kepada pengurus Mesjid setiap tahunnya terkait hewan qurban. Untuk sapi betina yang boleh disembelih yakni yang sudah dinyatakan mandul oleh dokter hewan terkait. Sementara daging sapi asal Pesisir Selatan yang telah berumur 2 tahun lebih biasanya sekitar 50 hingga 55 kilogram sedangkan untuk daging sapi Bali yang telah berumur dua tahun lebih menghasilkan daging seberat 80 kilogram.

Pada tahun lalu kebutuhan sapi qurban di Kota Padang mencapai 5.700 lebih dan tahun ini diperkirakan akan mengalami peningkatan karena setiap tahunnya kebutuhan hewan qurban selalu meningkat. Untuk itu pengurus Mesjid diminta lebih cermat dalam memilih hewan kurban terlebih saat ini mulai bermunculan pedagang hewan ternak musiman yang jumlahnya mencapai ratusan di kota Padang.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat