Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Dishub Sumbar Himbau Kapal Wisata Untuk Mengurus Izin KSOP

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 10 Februari 2020 JAM 06:48:58 WIB

Untuk mengurangi dan menekan angka kecelakaan kapal wisata di perairan Sumatera Barat, Dinas Perhubungan Provinsi Sumbar menghimbau para pelaku usaha dan pemilik kapal wisata untuk mengurus izin berlayar dari KSOP. Selain itu hal ini bertujuan untuk mengurangi perubahan fungsi kapal ikan menjadi menjadi kapal penumpang yang sering digunakan oknum wisata pulau untuk mengangkut wisatawan.

Dalam upaya meningkatkan keselamatan wisatawan khususnya wisatawan pulau, Pihak Dinas Perhubungan Sumatera Barat menghimbau seluruh pelaku usaha dan pemilik kapal yang digunakan untuk mengangkut wisatawan segera mengurus izin berlayar dari KSOP Teluk Bayur. Dishub menilai perizinan ini sangat penting untuk dilakukan karena perizinan berlayar dari KSOP menjadi salah satu indikator utama, kapal tersebut aman dan layak digunakan untuk  mengangkut penumpang.

Sehingga dapat dipastikan kapal yang membawa wisatawan merupakan kapal yang sesuai dengan prosedur dan ketentuan dalam berlayar dengan memiliki dokumen yang jelas dan tersedianya alat navigasi, alat komunikasi dan jumlah pelampung cukup di kapal tersebut. Untuk itu berbagai kegiatan sosialisasi terus dilakukan ke daerah-daerah yang memiliki potensi wisata pulau yang baik seperti Pariaman, Padang, Pesisir Selatan dan Pasaman. Melalui sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengetahui pentingnya perizinan berlayar dari KSOP.

Sehingga masyarakat memiliki kesadaran akan pentingnya izin berlayar dari KSOP dan tidak lagi menggunakan kapal menangkap ikan yang beralih fungsi menjadi kapal wisata karena tindakan tersebut merupakan tindakan yang berisiko besar untuk keselamatan wisatawan. Dishub berharap seluruh pelaku usaha dan pemilik kapal wisata agar dapat mentaati seluruh aturan yang berlaku sehingga dapat menekan angka kecelakaan kapal wisata seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di Pariaman. Selain itu pihak Dishub juga berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait seperti KSOP, Dinas Pariwisata dan Jasa Raharja untuk melakukan sosialisasi sebagai upaya dalam mengurangi resiko kecelakaan kapal.

Wartawan : IRWAN SANTOSO/ JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat