Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Wisata Dalam Negeri Berpeluang Untuk Berkembang

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 06 Februari 2020 JAM 06:35:26 WIB

Adanya larangan terhadap masuknya WNA Asal Tiongkok dan WNI untuk menuju Tiongkok  menjadi peluang yang baik untuk meningkatnya jumlah wisatawan domestik di setiap daerah. Hal ini dapat terjadi apabila pemerintah dapat menurunkan harga tiket pesawat dan menyediakan bagasi pesawat yang cukup dan terjangkau untuk wisatawan domestik.

Dengan maraknya penyebaran virus corona di Tiongkok menyebabkan pihak pemerintah Indonesia melarang  masuknya WNA asal Tiongkok masuk ke Indonesia. Tidak hanya itu pihak pemerintah juga melarang WNI untuk berkunjung ke negera Tiongkok. Ketua Asita Sumatera Barat, Ian Harnafiah menilai kebijakan ini akan beredampak kepada penurunan jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia khususnya Sumatera Barat. Tetapi kondisi ini akan berpeluang dalam memajukan dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestic.

Terlebih lagi dengan kondisi penyebaran virus corona yang sedang marak  saat ini masyarakat menjadi takut untuk berlibur ke luar negeri terutama beberapa negara yang selalu ramai di kunjungi wisatawan asal Indonesia seperti ke Malaysia, Thailand, dan Singapura. Kondisi ini bisa menjadi peluang bagi pemerintah dalam menghidupkan kembali jumlah wisatawan domestik yang mengalami drop pada tahun 2019 kemarin. Hal ini dapat dilakukan dengan cara melakukan penurunan harga tiket pesawat sebagai sarana transportasi yang paling diminati masyarakat untuk jarak jauh.

Tidak hanya itu pemerintah juga dihimbau menyediakan ruang bagasi pesawat yang cukup dengan harga yang terjangkau sehingga wisatawan akan berbelanja daerah wisatanya. Sehingga diharapkan UMKM juga akan berkembang karena produk mereka laris dibeli wisatawan. Ketua Asita mengharapkabn kepada pemerintah agar melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang virus corona ini, sehingga masyarakat bisa tetap tenang dalam menanggapi penyebaran virus corona yang begitu meresahkan masyarakat beberapa bulan terakhir.

Wartawan : IRWAN SANTOSO/ JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat