LIVE STREAMING

LIVE STREAMING TVRI SUMATERA BARAT
 
TINJAUAN ACARA

Selasa, 20 Oktober 2020

Rangkaian acara pada hari Selasa, 20 Oktober 2020 belum dipublikasikan...

 
INFO COVID-19
 
 
SOSIAL MEDIA
 
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kota Padang05 Februari 2020 - 06:46 WIB
KSOP Bersinergi Dengan BMKG Untuk Perizinan Berlayar
KSOP Bersinergi Dengan BMKG Untuk Perizinan Berlayar

Reporter : IRWAN SANTOSO/ JONI BAKRI • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Untuk meningkatkan keselamatan dan kewaspadaan terhadap kapal yang akan berlayar, pihak KSOP Teluk Bayur bersinergi dengan pihak BMKG dalam memberikan rekomendasi untuk mengeluarkan izin berlayar kapal. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko kecelakaan kapal yang daikibatkan oleh buruknya cuaca.

Seringnya terjadi perubahan cuaca yang signifikan di wilayah Sumatera Barat beberapa waktu lalu menyebabkan terjadinya penundaan terhadap kapal-kapal yang akan berlayar di perairan Sumatera Barat terutama pada saat cuaca ekstrim. Penundaan izin berlayar ini bertujuan untuk meminimalisir kecelakaan kapal akibat gelombang tinggi ataupun cuaca ekstrem berupa badai yang terjadi sehingga dapat menekan angka korban jiwa.

Untuk itu pihak kesyahbandaran dan otoritas Pelabuhan Teluk Bayur bekerjasama dengan pihak BMKG untuk mengeluarkan izin berlayar kapal, baik untuk kapal barang maupun kapal penumpang. Nantinya pihak BMKG akan memberikan rekomendasi izin berlayar dengan memberikan perkiraan cuaca selama 5 jam kedepan kepada pihak KSOP. Setelah dipastikan cuaca bagus untuk berlayar maka barulah izin berlayar kapal diberikan, dan jika belum baik maka pihak KSOP akan menunda izin pelayaran kapal tersebut..

Meskipun demikian pihak KSOP menghimbau kepada seluruh kapten kapal, dan seluruh awak yang akan berlayar jangan memaksakan diri jika ketika cuaca buruk dan secepatnya mencari pulau terdekat untuk  mencari perlindungan. Dan pihak KSOP menghimbau semua pihak yang terlibat dalam pelayaran agar memastikan perlengkapan keselamatan di dalam kapal seperti pelampung, alat navigasi, dan alat komunikasi.

 

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa