LIVE STREAMING

LIVE STREAMING TVRI SUMATERA BARAT
 
TINJAUAN ACARA

Selasa, 20 Oktober 2020

Rangkaian acara pada hari Selasa, 20 Oktober 2020 belum dipublikasikan...

 
INFO COVID-19
 
 
SOSIAL MEDIA
 
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kota Padang05 Februari 2020 - 06:37 WIB
Polemik Trans Padang Koridor 4
Polemik Trans Padang Koridor 4

Reporter : IRWAN SANTOSO, JONI BAKRI • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Sejak dioperasikannya Bus Trans Padang Koridor 4, beberapa kelompok angkot dengan rute Teluk Bayur  sampai Terminal Anak Aia mengalami sepinya  penumpang. Untuk itu sopir angkot berencana  menagih kesepakatan yang telah diusulkan kepada Pemerintah Kota Padang ketika wacana Bus Trans Padang akan mulai dioperasikan.

Sebagai sebuah trasportasi umum yang baru saja diresmikan pada tanggal 1 februari 2020 dan masih berada pada tahap percobaan, pengoperasian Bus Trans Padang koridor 4 masih perlu banyak evaluasi. Beberapa evaluasi yang perlu dilakukan antara lain terkait dengan jumlah halte, jam operasional dan dampak yang diakibatkan oleh beroperasinya Bus Trans Padang terhadap pendapatan sopir angkot sepanjang rute Teluk Bayur sampai terminal tipe A Anak Aia. Untuk rute Teluk Bayur menuju terminal tipe A Anak Aia yang dilalui oleh koridor 4 merupakan jalur beberapa angkot, seperti angkot kuning dengan  rute Teluk Bayur-Lubuk Begalung, angkot ungu dari Lubuk Begalung sampai Aia Pacah dan masih banyak angkot lainnya.

Zulman seorang ketua koperasi yang mewadahi sopir angkot mengatakan, sejak dioperasikannya Trans Padang koridor 4 ini, sopir angkot mengeluhkan sepinya penumpang. Hal ini terjadi karena rute ini yang memang sepi penumpang ditambah lagi dengan kecenderungan penumpang saat ini lebih memilih menggunakan Bus Trans Padang jika dibandingkan angkot. Kondisi ini telah di wanti-wanti oleh para sopir angkot ketika wacana ini disampaikan oleh pihak pemerintah.

Zulman mengatakan kesepakatan yang terjadi waktu itu  antara pemerintah dengan para sopir angkot adalah akan memberikan kompensasi berupa bantuan dana bagi setiap angkot yang terdampak oleh adanya Trans Padang di jalur ini. Tapi nyatanya sampai saat ini kesepakatan tersebut belum terealisasikan. Kedepannya sopir angkot akan melihat iktikad baik dari pihak pemerintah selama 2 atau 3 hari kedepan. Jika hal tersebut tidak terjadi maka aliansi sopir angkot yang terdampak Bus Trans Padang koridor 4 akan meklakukan aksi damai untuk menyampaikan aspirasi mereka. Bahkan tidak menutup kemungkinan sopir angkot akan menghentikan masa percobaan Trans Padang di koridor 4 ini.

 

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa