LIVE STREAMING

LIVE STREAMING TVRI SUMATERA BARAT
 
TINJAUAN ACARA

Rabu, 28 Oktober 2020

Rangkaian acara pada hari Rabu, 28 Oktober 2020 belum dipublikasikan...

 
INFO COVID-19
 
 
SOSIAL MEDIA
 
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kota Payakumbuh04 Februari 2020 - 06:12 WIB
Antisipasi Virus Corona, Dinkes Keluarkan Edaran
Antisipasi Virus Corona, Dinkes Keluarkan Edaran

Reporter : EDWARD • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Meski belum ada warga di Payakumbuh maupun di Kab.50 Kota yang terkena virus corona, warga diminta untuk terus meningkatkan kewaspadaan.

Guna mengantisipasi virus tersebut, Dinas Kesehatan Kab.50 kota mengeluarkan edaran kewaspadaan. PEMKAB 50 Kota melalui Dinas Kesehatan setempat, mengajak masyarakat untuk mewaspadai dan mengantisipasi munculnya kasus virus corona. Bila terjadi gejala batuk diiringi sesak napas  masyarakat segera melaporkannya ke Puskesmas terdekat.

Selain itu, Rumah sakit dan Puskesmas juga diminta  terus memantau bila ada gejala virus corona dan melaporkannya ke Dinas Kesehatan setempat, bila muncul tanda tanda terjadi penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Puskemas dan Rumah sakit yang ada di 13 Kecamatan di daerah itu juga diminta untuk menggiatkan surveilands aktif RS dan surveilands pasif RS di setiap rumah sakit agar pro aktif melaporkan kejadian penyakit berpotensi kejadian luar biasa termasuk kejadian pmeumonia. Rumah sakit dan Puskesmas juga diminta untuk mencegah penularan virus dengan cara sosialisasi etika batuk, baik bagi pasien, petugas maupun pengunjung Puskesmas melalui pembuatan buner, termasuk dengan cuci tangan pakai sabun dengan cara yang benar.

Warga juga diminta menghindari kontak ditempat yang ramai serta menggunakan masker saat diluar rumah. Hal yang sama juga diungkapkan kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, menurut Dr. Bakhrizal, mengantisipasi virus corona, warga Payakumbuh diminta untuk menjaga kesehatan. Selain itu, warga diminta untuk tidak banyak bepergian keluar rumah maupun luar negeri. Sejauh  ini menurut Bakhrizal, di Payakumbuh belum ditemukan kasus virus corona. Jika terkena flu, warga diminta untuk banyak istirahat dan perkuat fisik serta banyak minum dan jaga kebersihan diri, tangan dan makanan yang akan kita konsumsi.  Mereka yang rentan terkena virus tersebut, adalah mereka yang kelelahan dan mereka yang punya gangguan kesehatan termasuk mereka yang terkena infeksi tenggorokan dan anak-anak sekalipun.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa