Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Payakumbuh

Jumlah Peserta UN Meningkat

Kontributor DaerahPendidikan 28 Januari 2020 JAM 06:36:33 WIB

Jumlah peserta ujian nasional dengan berbasis komputer di Kota Payakumbuh pada tahun 2020 ini mengalami sedikit peningkatan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini jumlah peserta ujian yang disebut-sebut tidak akan lagi digelar pada tahun depan, mencapai angka tiga ribu lebih yang terdiri dari 23 sekolah. Sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, jumlah peserta ujian nasional di Kota Payakumbuh tahun ini mengalami sedikit penambahan. Untuk tahun 2020 ini terdapat 3.582 pelajar smp dan mts di daerah itu yang akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Ribuan orang pelajar tersebut berasal dari puluhan sekolah yang ada di Payakumbuh. Dari 23 sekolah tersebut, hanya dua sekolah yang belum melaksanakan UNBK secara mandiri, selebihnya telah melaksanakan UNBK disekolah masing-masing. Selain peserta yang berasal dari 17 smp, jumlah tersebut juga berasal dari mts dan 749 siswa dari enam madrasah. Untuk pelaksanaan, seluruh smp di Payakumbuh baik negeri atau pun swasta pada tahun ini telah melaksanakan UNBK mandiri, sedangkan untuk mts masih ada dua sekolah yang masih bergabung.

Kepala Dinas Pendidikan juga menyebutkan, dalam tiga tahun terakhir, Pemerintah Kota Payakumbuh terus menganggarkan dan mengusahakan agar ada penambahan komputer untuk sekolah,sehingga seluruh smp telah dapat melaksanakan UNBK. Sementara terkait persiapan, sekolah terus didorong untuk memperkuat kemampuan siswa dan kemampuan guru di daerah tersebut. Diantaranya dengan program sukses ujian nasional, menambah intensitas pembelajaran bagi siswa.

Sementara untuk guru-guru, juga terus didorong dalam meningkatkan penguasaan materi UN, salah satunya ada dengan pelaksanaan Diklat penguatan kompetensi guru. Tahun sebelumnya, Kota Payakumbuh menempati posisi ke tiga di Sumbar, Disdik Payakumbuh menargetkan capaian pada tahun ini dapat meningkat dari tahun sebelumnya.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat