Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Berkah Imlek Bagi Penjual Burung

Kontributor DaerahKeagamaan 27 Januari 2020 JAM 06:45:17 WIB

Pada setiap Perayaan Imlek, masyarakat keturunan china memiliki tradisi melepaskan burung yang berada di dalam sangkar sebagai simbol permintaan untuk kesehatan dan mendatangkan hoki. Kondisi ini dimanfaatkan oleh beberapa masyarakat untuk berjualan burung  selama perayaan tahun baru imlek.

Perayaan tahun baru imlek tahun 2020 merupakam perayaan yang dapat dimaknai secara luas dan membawa berkah tersendiri bagi masyarakat keturunan tionghoa di kawasan Pondok Kota Padang. Tetapi tidak hanya itu, perayaan imlek tahun 2020 juga membawa berkah tersendiri bagi masyarakat minang yang berjualan burung di kawasan Klenteng See Hien Kiong.

Dalam satu hari pedagang burung dapat menjual 100 hingga 200 ekor burung perhari dengan harga penjualan 3000 sampai 5000 per ekornya. Jenis burung yang dijual merupakan jenis burung pipit, burung gelatik , burung gereja, burung balam, dan burung merpati.

Candra seorang pembeli burung mengatakan, kegiatan membeli burung dan melepaskannya kembali merupakan tindakan yang melambangkan permohonan agar diberikan kesehatan selama satu tahun ini, dan mendatangkan hoki dalam segi usaha. Candra mengatakan untuk jumlah burung yang dilepaskan tidak ada ketentuan khusus, tetapi masyarakat keturunan china meyakini bahwa dengan semakin banyak burung yang dilepaskan maka akan mendatangkan hoki yang lebih banyak juga.

Wartawan : IRWAN SANTOSO, JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat