Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Bukittinggi

Lapas Bukittittinggi Kembangkan 14 Pelatihan Untuk Narapidana

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 26 Januari 2020 JAM 06:03:40 WIB

Narapidana di lembaga pemasyarakatan Bukittinggi dibekali ilmu keterampilan khusus, agar bisa kreatif dan mengembangkan  usaha setelah lepas dari tahanan. Pelatihan keterampilan khusus di lapas Bukittinggi, salah satu program pemerintah pusat untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul.

Ciptakan sumber daya manusia unggul, lembaga permasyarakatan Bukittinggi targetkan 200 narapidana tahun ini memiliki keahlian khusus dan bisa dikembangkan selepas dari tahanan. 14 jenis keterampilan khusus yang diberikan kepada warga lapas Bukittinggi seperti, pelatihan tataboga, kaligrafi mozaik, pangkas rambut, paving block, pertukangan kayu, sablon dan seni.

Sementara pelatihan yang akan di ikuti oleh narapidana, lembaga pemasyarakatan Bukittinggi melakukan tahapan seleksi, agar  narapidana serius mengikuti pelatihan. Setiap bidang pelatihan diikuti sebanyak 20 perserta, kemudian seluruh peserta yang berhasil dalam pelatihan akan diberikan sertifikat oleh lembaga pemberi pelatihan yang didatangkan dari jakarta.

Kepala lapas Bukittinggi, Marten mengatakan, program pelatihan warga binaan lapas bertujuan menciptakan sumber daya manusia unggul, sesuai program pemerintah pusat. Sementara hasil dari keterampilan warga binaan lapas Bukittinggi, akan disalurkan ke  pasar, dan hasilnya akan memberikan keutungan bagi negara maupun bagi narapindana itu sendiri.

 

 

Wartawan : KANADI WARMAN
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat