Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Tanah Datar

BPBD Tanah Datar Petakan Darah Aliran Sungai Di Batipuh Selatan

Kontributor DaerahBencana Alam 24 Januari 2020 JAM 06:16:51 WIB

Masih terdapatnya longsoran yang menutup aliran sungai di Bukit Patah Gigi, Padang Laweh Malalo menjadi temuan tim gabungan dalam rangka pemetaan daerah aliran sungai. Dengan kondisi tersebut, masih terdapat ancaman bahaya banjir bandang bagi masyarakat setempat.

Sesuai intruksi Gubernur Sumatera Barat dan Bupati Tanah Datar, BPBD bersama tim gabungan mulai melakukan pemetaan dan cek kondisi daerah aliran sungai di Kecamatan Batipuh Selatan. Dari catatan BPBD, terdapat sebanyak 9 sungai diwilayah tersebut dan dua diantaranya bermuara ke Danau Singkarak.

Dari sembilan sungai tersebut, BPBD Tanah Datar menargetkan mampu menyelesaikan pemetaan terhadap 7 sungai. Pemetaan ini dilakukan guna mengetahui tidak lanjut sebagai langkah mitigasi bencana bagi masyrakat jika sewaktu waktu kejadian serupa dapat terulang kembali.

Berdasarkan hasil pemantauan dan penelusuran terhadap  2 sungai yang telah dilakukan dihulu sungai masih terdapat batu-batu berukuran besar dan terjadinya longsoran yang menutup aliran sungai. Sebelumnya, Gubernur Sumatera Barat memerintahkan pihak terkait melakukan pengecekan daerah aliran sungai hingga ke hulu. Hal ini sebagai bentuk pemetaan dengan tujuan mencari solusi agar peristiwa banjir bandang dikawasan tersebut dapat diminimalisir.

 

Wartawan : ARICKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat