Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Agam

Harimau Serang Ternak Warga

Kontributor DaerahLingkungan 23 Januari 2020 JAM 06:07:26 WIB

Seekor harimau sumatra kembali menyerang hewan ternak warga di Kampung Melayu, Jorong II Balai Ahad, Nagari Lubuk Basung, Kabupaten Agam. Akibatnya, warga di kawasan tersebut menjadi ketakutan, untuk mencegah terjadinya konflik, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatra Barat, melakukan identifikasi ke lokasi kejadian.

Mendapat laporan adanya harimau sumatra menerkam seekor sapi milik warga, BKSDA Sumatra Barat melakukan identifikasi lapangan. Polisi kehutanan tersebut langsung ke tempat kejadian untuk mencari fakta-fakta dan keberadaan harimau sumatra tersebut.

Untuk menuju lokasi, petugas menempuh perbukitan dan perkebunan sawit dengan kondisi rusak parah. Karna lokasi berada sekitar 8 kilometer dari pemukiman penduduk. Khairy Ramadhan, kepala seksi wilayah satu BKSDA Sumatra Barat, membenarkan adanya harimau sumatra di lokasi tersebut. Hal itu, dibuktikan dari hasil identifikasi di lokasi.   Terdapat banyak jejak kaki harimau berkeliaran wilayah itu. Tidak hanya itu, lokasi tersebut telah berada hutan cagar alam Maninjau. Lokasi yang seharusnya tidak ditempati dan dilalui masyarakat. Pasalnya, hutan tersebut memang habitat satwa liar yang dilindungi Undang-undang.

Sementara lokasi sekitar sudah dipenuhi perkebunan sawit dan kandang sapi. Seharusnya itu tidak boleh terjadi. Untuk itu dalam waktu dekat, BKSDA Sumatra Barat akan segera melakukan sosialisasi, agar warga segera meninggalkan wilayah hutan cagar alam Maninjau tersebut. Tahun 2014 lalu, Kementerian Kehutanan dan BKSDA Sumbar juga telah sempat melakukan eksekusi lahan tersebut. Bersama masyarakat sepakat untuk menghentikan segala aktivitas di hutan cagar alam Maninjau. Kenyataannya, masyarakat masih merusak dan beraktifitas di hutan tersebut.

Wartawan : RUDI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat