Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Jumlah Penderita HIV, AIDS Di Kota Padang Menurun

Kontributor DaerahKesehatan 22 Januari 2020 JAM 06:46:26 WIB

Jumlah penderita HIV, AIDS tahun 2019 sampai awal  tahun 2020 di Kota Padang mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2018. Penurunan ini terjadi karena kesadaran masyarakat dan keberhasilan Dinkes Kota Padang dalam mensosialisasikan bahaya dan dampak dari penyakit HIV, AIDS. Menurut data yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat menjelaskan bahwa jumlah penderita HIV, AIDS tertinggi di Sumatera Barat berada di Kota Padang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani, mengatakan penderita HIV, AIDS di Kota Padang terdiri dari 60% masyarakat luar Kota Padang yang mengakses layanan kesehatan di Kota Padang dan 40% masyarakat Kota Padang. Dari hasil pravalensi yang dilakukan terhadap kelompok beresiko HIV, AIDS seperti kelompok ibu menyusui, WPS, lelaki suka lelaki, waria, dan LGBT, oleh Dinas Kesehatan Kota Padang dari tahun 2007 sampai pada tahun 2011 menunjukkan terjadinya peningkatan yang signifikan terhadap penderita HIV, AIDS pada populasi lelaki suka lelaki.

Sedangkan jika melihat dari data yang dimiliki dari situasi HIV, AIDS Kota Padang pada tahun 2019 berada pada status epidemi rendah yang menandakan terjadinya penurunan jika dibandingkan dengan status epidemi tahun 2018 yang berada pada status terkonsentrasi. Feri Mulyani  mengatakan pengungkapan jumlah data penderita HIV ,AID di Kota Padang merupakan keberhasilan Dinkes Kota Padang dalam menjalankan sosialisasi terhadap kelompok berisiko sehingga para penderita mau untuk melakukan pengecekan dan perawatan sebagai penderita HIV, AIDS.

Feri Mulyani menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Padang agar dapat memanfaatkan layanan  VST untuk pengecekan terhadap penyakit HIV, AIDS yang telah di disediakan di seluruh Puskesmas di Kota Padang. Dan diharapkan kepada penderita HIV agar tetap rutin mengkonsumsi obat yang bisa didapatkan secara gratis  di rumah sakit dan di dua puskesmas di Kota Padang yaitu Puskesmas Bungus dan Puskesmas Kuranji.

Wartawan : IRWAN SANTOSO, JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat