Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Tanah Datar

Banjir Bandang Rusak Permukaan Danau Singkarak

Kontributor DaerahBencana Alam 22 Januari 2020 JAM 06:22:37 WIB

Selain merusak infrastruktur dan lahan pertanian serta ladang, banjir bandang yang melanda Jorong Tanjung Sawah Nagari Padang Laweh Malalo, Tanah Datar  pada Sabtu lalu juga merusak permukaan Danau Singkarak. Kayu kayu gelondongan saat ini masih mengapung dipermukaan danau.

Beginilah kondisi permukaan Danau Singkarak pasca banjir bandang yang melanda Jorong Tanjung Sawah Nagari Padang Laweh Malalo, Tanah Datar  pada Jumat lalu. Selain merusak infrastrutur dan lahan produktif warga, banjir bandang juga merusak permukaan Danau Singkarak akibat derasnya banjir menerjang yang disertai bebatuan berukuran besar.

Tepat berada di titik muara banjir bandang, kini terjadi pengikisan terhadap bibir danau sepanjang 10 meter lebih. Pengikisan tersebut juga membentuk seperti sebuah lubang, yang menurut warga kedalamannya mencapai 6 meter. Selain pengikisan, di permukaan Danau Singkarak saat ini juga terjadi penumpukan kayu gelondongan yang terbawa arus banjir bandang dari Bukit Patah Gigi. Ukuran kayu-kayu yang mengapung di permukaan danau, mulai dari ukuran kecil hingga ukuran besar, sehingga  dibutuhkan alat berat untuk mengangkat kayu kayu tersebut.

Kini, warga beraharap, pengikisan terhadap bibir danau dapat diperbaiki dan kayu kayu tersebut juga diangkat dari dalam danau. Jika dibiarkan berlarut larut, dikhawatirkan dapat merusak ekosistem danau yang dikenal sebagai penghasil ikan bilih ini.

Wartawan : ERICK
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat