Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Tanah Datar

BPBD Masih Data Kerugian Akibat Banjir Bandang

Kontributor DaerahBencana Alam 21 Januari 2020 JAM 06:18:40 WIB

BPBD Tanah Datar sampai saat ini masih menghitung total kerugian akibat bencana banjir bandang yang terjadi beberapa hari lalu di Kenagari Padang Laweh Malalo. Penghitungan kerugian baru sebatas aset masyarakat dan umum,  dan belum termasuk kerugian terhadap lahan pertanian dan ladang milik warga setempat.

BPBD Tanah Datar mengaku jika belum bisa menentukan jumlah kerugian akibat bencana banjir bandang yang melanda Jorong Tanjung Sawah Kenagarian Padang Laweh Malalo, Tanah Datar beberapa hari lalu. pendataan terhadap kerugian baru sebatas pada aset masyarakat dan belum mencakup secara keseluruhan.

Kerusakan pada aset masyarakat tersebut diantaranya 2 unit hunian rusah parah, dua unit lokasi usaha, harta benda, sarana PDAM dan PLN. Sementara, kerugian lainnya masih dalam proses penghitungan petugas, seperti kerugian terhadap lahan pertanian, ladang, saluran irigasi dan sarana prasarana umum lainnya.

Menimalisir kejadian serupa. Pemerintah Tanah Datar mengaku akan meninjau lansung hulu sungai dengan menyertakan tim ahli untuk mengetahui penyebab bencana dan antisipasi dikemudian hari. Kawasan Singkarak merupakan kawasan rawan bencana banjir bandang dan tanah longsor. Dikenagarian Padang Laweh Malalo sendiri, bencana banjir bandang bukan kali pertama dan telah berulang kali terjadi.

 

Wartawan : ERICK
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat