Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Ladang Cabe Petani di Pasbar Diserang Hama

Kontributor DaerahPertanian 21 Januari 2020 JAM 06:39:04 WIB

Ladang petani cabe di Kabupaten Pasaman Barat, mulai diserang serang hama jenis jamur, kutu kebo dan trip. Akibat serangan hama tersebut, banyak pokok cabe yang layu hingga mati mendadak.  Kejadian ini, secara otomatis akan merugikan petani setempat.

Petani cabe di Kabupaten Pasaman Barat, mulai khawatir, terhadap serangan hama jenis jamur, kutu kebo dan trip. Serangan hama itu, membuat pokok cabe mereka rusak, layu bahkan beberapa buah cabe membusuk sebelum bisa dipanen. Petani mengaku, hingga hari ini, belum mengetahui penyebab pasti serangan hama ke ladang cabe mereka. Meski demikian mereka tetap berupaya mengobati dengan berbagai jenis racun dan herbisida, atau pupuk organik lainnya.

Is seorang petani cabe di daerah Simpang Empat mengaku, kondisi seperti ini, hampir terjadi di setiap ladang cabe milik warga sekitar. Meski tidak merusak secara keseluruhan, hal itu secara otomatis membuat hasil penen mereka berkurang. Mereka meminta, ada penyuluh dan pendamping yang memadai agar memahami tentang seluk beluk tanaman palawija di Pasaman Barat. sehingga saat menghadapi masalah, petani bisa berkonsultasi dan mendapatkan solusi.

Selain serangan hama, petani berharap pemerintah bisa mengendalikan harga di pasaran.  Sehingga saat panen melimpah petani tidak menjual hasil ladang mereka dengna harga murah.  Saat ini petani hanya bisa pasrah dan berharap hasil panen mereka tidak terlalu rendah.

 

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat