Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

Puluhan Hektar Sawah di Aur Malintang Rusak

Kontributor DaerahBencana Alam 21 Januari 2020 JAM 06:19:38 WIB

Puluhan hektar lahan persawahan di Korong Sungai Pingai, Nagari III Koto Aur Malintang, Kecamatan Empat Koto Aur Malintang, Kabupaten Padang Pariaman rusak dilanda banjir. Petani merugi hingga ratusan juta rupiah, karena hampir seluruh lahan pertanian yang terdampak banjir tidak bisa diambil.

Banjir yang Korong Sungai Pingai, Nagari III Koto Aur Malintang, Kecamatan Empat Koto Aur Malintang, Kabupaten Padang Pariaman, tidak hanya jalan dan jembatan, Namun juga merusak puluhan hektar lahan persawahan. Terlihat, lahan persawahaan yang ada didaerah itu tertimbun lumpur saat banjir melanda daerah itu. Bahkan ada petani yang baru menyabit, padinya hanyut dibawa banjir, begitu juga  ada yang baru siap tanam habis tertimbun lumpur.

Kondisi tersebut, membuat para petani didaerah itu merugi dan terancam gagal panen. Karena bisa dipastikan, petani harus mulai turun kesawah lagi, karena  lahan persawahan yang masih tersisa pun sudah rusak dan tidak bisa dipanen. Wali Nagari III Koto Aur Malintang menyebut, tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir didaerah itu, Namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Agar bencana banjir tidak lagi meredam Nagari Lurah Ampalu, masarakat berharap, Pemeritah Kabupaten Padang Pariaman segera melakukan normaliasi sungai di daerah itu. Karena kondisi sungai saat ini, selain dangkal juga benyak berbelok, sehingga tidak mampu menampung debit air saat hujan mengguyur daerah itu.

 

Wartawan : ABDUL/ SARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat