Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

40 Persen Masyarakat Tinggal Di Kawasan Sungai Aktif

Kontributor DaerahBencana Alam 20 Januari 2020 JAM 06:06:48 WIB

Badan Penanggulagan Bencana Daerah Kabupaten Padang Pariaman mencatat, sedikitnya ada sebelas aliran sungai aktif yang terdapat disejumlah Kecamatan didaerah itu. Dari jumlah tersebut, 40 persen masyarakat Padang Pariaman tinggal dekat dari aliran sungai itu, dimana dapat mengancam keselamatan masyarakat jika terjadi banjir besar maupun banjir bandang sewaktu-waktu.

Kepala Pelaksanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Padang Pariaman Budy Mulia, menyebut, bahwa sedikitnya ada sebelas aliran sungai aktif yang terdapat disejumlah Kecamatan didaerah itu. Dari jumlah tersebut, 40 persen masyarakat Padang Pariaman tinggal disekitar aliran sungai tersebut dan mengancam keselamatan masyarakat jika terjadi banjir besar maupun banjir bandang sewaktu-waktu. Sebelas sungai itu, seperti terdapat di Kecamatan Lubuak aluang, Batang anai, Kayutanam, Sungai limau, Kampung dalam, Sungai geringging dan Aur malintang.

Saat hujan  deras turun, hampir seluruh sungai-sungai aktif di Padang Pariaman hampir selalu meluap dan mengancam permukiman warga. bahkan tidak hanya mengancam keselamatan masyarakat, meluapnya sungai didaerah itu, juga merusak inprastruktur seperti  jalan dan jembatan. Guna mengatasi masalah itu, BPBD akan melakukan penghijauan untuk mencegah banjir. artinya dalam waktu dekat BPBD Padang Pariaman akan dilakukan penanaman pohon disepanjang batang sungai aktif didaerah itu. BPBD juga  tengah melakukan koordinasi dengan pihak dlh, untuk ikut mencarikan solusi penanganan jika banjir terjadi.

Badan Penanggulanagn Bencana Daerah Kabupaten Padang Pariaman, menghimbau seluruh masyarakat didaerah itu, khsuusnya yang tingggal dekat dari aliran sungai aktif, untuk selalu meningkatkan kewaspadaan. Potensi banjir bisa saja terjadi, mengigat musim penghujan tengah terjadi. begitupun masyarkat yang rumahnya dekat dari lereng perbukitan yang rawan longsor, juga dihimbau untuk selalu wapada, agar tidak terjadi korban jiwa.

Wartawan : ABDUL/ SARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat