Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaDaerah

Pilihan Turun Kelas Akan Pengaruhi Pelayanan Rumah Sakit

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 18 Januari 2020 JAM 06:03:30 WIB

Pengamat hukum kesehatan Firdaus Diezo menilai banyaknya peserta BPJS kesehatan yang turun kelas sejak kenaikan iuran akan berpengaruh terhadap pelayanan Rumah Sakit. Diantaranya seperti antrian panjang dan penumpukan pasien di kelas 3 khususnya yang menjalani rawat inap.

Sejak pemerintah menaikkan iuran BPJS kesehatan lebih dari separuh peserta BPJS kesehatan mengambil langkah untuk turun kelas. Hal ini juga didukung oleh pihak BPJS kesehatan sendiri agar tidak menyulitkan para peserta. Namun hal ini menurut pengamat hukum kesehatan Firdaus Diezo akan angkat berdampak terhadap pelayanan dari rumah sakit.

Nantinya akan terjadi antrian panjang dan penumpukan pasien kelas 3 khususnya yang menjalani rawat inap. Akibatnya pelayanan dari rumah sakit tidak akan berjalan maksimal dan ikut berdampak terhadap kesehatan pasien.

Menurut Diezo langkah turun kelas yang disarankan oleh pemerintah bukan hal yang tepat dan perlu dilakukan pengkajian lebih mendalam. Seharusnya negara mencarikan solusi tepat karena dengan penurunan kelas justru akan tetap terjadi defisit. Firdaus Diezo berharap pemerintah tidak hanya fokus menaikkan anggaran tetapi lebih kepada mengevaluasi dari penyelenggaraan itu sendiri.

Wartawan : NOVIKA, JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat