LIVE STREAMING

LIVE STREAMING TVRI SUMATERA BARAT
 
TINJAUAN ACARA

Kamis, 06 Agustus 2020

16 : 04SUMATERA BARAT HARI INI
17 : 00PARLEMENTARIA
 
INFO COVID-19
 
 
SOSIAL MEDIA
 
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Solok16 Januari 2020 - 06:07 WIB
30 KK Tanjung Balik Nikmati Penerangan
30 KK Tanjung Balik Nikmati Penerangan

Reporter : NOVIKA/ AGUSRI • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

PLTMH pembangkit listrik tenaga mikro hidro Tanjung Balik sudah beroperasi sejak akhir Desember 2019. Kini sekitar 30 kepala keluarga di Jorong Balik Sumiso Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok  bisa menikmati penerangan listrik dan menjalankan aktivitas seperti masyarakat pada umumnya.

Setelah menanti sekian lama akhirnya 30 kepala keluarga di Jorong Balik Sumiso Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok bisa menikmati penerangan listrik dan menjalankan aktivitas seperti masyarakat pada umumnya. Sebelumnya 30 KK ini hanya mengandalkan kincir air sebagai tenaga listrik tetapi belum memadai untuk penerangan mereka.

Cahaya lampu yang mereka terima redup sehingga tidak bisa menjalankan aktivitas dengan baik. Namun kini warga Jorong Tanjung Balik Sumiso sudah bisa menikmati penerangan sepenuhnya setelah PLTMH beroperasi akhir Desember lalu. Pembangunan PLTMH ini merupakan salah satu program pemerintah provinsi dalam rangka melistriki daerah pinggiran dan terpencil yang mempunyai potensi energi baru terbarukan. Pembangkit listrik tenaga mikro hidro Tanjung Balik ini dibangun dengan biaya sebesar 1,3 milyar rupiah yang sudah termasuk pembangkit PLTMH dan jaringan distribusi dan instalasi ke rumah warga.

Memiliki kapasitas 20 kilo watt yang cukup untuk menerangi 300 kepala keluarga dan 3 fasum yakni sekolah dasar, mushola dan pos ronda. Setiap bulannya warga membayar iuran listrik sebesar 40 ribu rupiah per kepala keluarga yang diperuntukkan sebagai honor petugas operator. Karena PLTMH Tanjung Balik ini hanya dioperasikan mulai pukul 4 sore. Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Sumatera Barat mengatakan di tahun 2019 pemerintah provinsi membangun 2 unit PLTMH. Yakni di Jorong Tanjung Balik Nagari Sumiso Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok dan di Rotan Gotah Kabupaten Pasaman yang keduanya selesai tepat waktu.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa