Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Solok

Panen Meningkat Harga Gabah

Kontributor DaerahPertanian 16 Januari 2020 JAM 06:31:41 WIB

Meski hasil panen padi di Kota Solok meningkat dari musim tanam sebelumnya, namun harga jual padi atau gabah mengalami penurunan. Turunnya harga gabah tersebut akibat faktor cuaca ekstrim yang terjadi di beberapa hari terakhir.                  

Petani padi di Kota Solok saat ini sedang panen serentak. Salah satunya di Kecamatan Lubuk Sikarah. Petani di daerah in sangat bersyukur  hasil panennya  meningkat dari musim tanam sebelumnya.

Para petani mengaku meningkatnya hasil panen padi saat ini karna tidak begitu banyak serangan hama seperti hama tikus dan hama wereng pada musim ini. Salah seorang petani mengungkapkan hasil panen petani saat ini naik sekitar 40 persen hingga 60 persen dari panen tanam sebelumnya.

Sementara itu meski panen padi meningkat namun harga padi atau gabah turun, seperti harga gabah jenis sokan ir 42 dan gabah jenis anak daro. turunnya harga gabah tersebut akibat faktor cuaca ekstrim yang terjadi di beberapa hari terakhir. Sementara itu meski banyak para petani saat ini yang panen berlimpah namun ada sebagian para petani yang mengalami gagal panen, hal tersebut karna salah memilih jenis bibit padi yang ditanam.

Wartawan : ARIE PRATAMA SETIAWAN
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat