LIVE STREAMING

LIVE STREAMING TVRI SUMATERA BARAT
 
TINJAUAN ACARA

Minggu, 09 Agustus 2020

16 : 05SUMATERA BARAT HARI INI
17 : 00SENI TRADISI
17 : 30SENI TRADISI
 
INFO COVID-19
 
 
SOSIAL MEDIA
 
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Pasaman Barat16 Januari 2020 - 06:34 WIB
Tangkapan Nelayan Pasbar Mulai Meningkat
Tangkapan Nelayan Pasbar Mulai Meningkat

Reporter : ANDIKA , ANDIKA • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Hasil tangkapan ikan nelayan pukat tepi, di Pantai Sasak, Kabupaten Pasaman Barat meningkat drastis. Melimpahnya hasil tangkapan diduga karena Pantai Barat Pasaman Barat tengah memasuki musim ikan teri kecil. meski banyak harga ikan tersebut cukup rendah di pasaran.

Memasuki musim ikan, sejak satu minggu terakhir hasil tangkapan nelayan pukat tepi di sekitar pantai mengalami kenaikan. Sekarang, satu kali menarik pukat nelayan bisa menghasilkan sekitar satu juta rupiah. Selama satu minggu ini, sebagian besar ikan hasil pukat tepi, jenis ikan teri kecil, dengan harga jual maksimal sekitar dua puluh lima ribu rupiah per kilogramnya.

Nelayan mengaku musim ikan ini, akan berlangsung selama beberapa hari seiring dengan pergerakan angin. Saat ini kelompok nelayan pukat tepi bisa menghasilkan sekitar tiga hingga lima juta rupiah setiap harinya. Sebagian besar ikan yang didapatkan dijual kepada tengkulak untuk dikeringkan atau menjadi ikan asin.

Salah seorang anggota nelayan pukat Parmal sangat bersyukur dengan hasil tangkapan mereka. Namun bisa dipastikan kondisi seperti ini tidak berkepanjangan, sehingga nelayan harus berfikir kreatif untuk menjalin kelangsungan hidup mereka. Nelayan sasak dan sekitarnya berharap, kedepan ada bantuan pemerintah untuk kelompok nelayan secara berkelanjutan. Bantuan berupa kapal dan alat tangkap saat ini menjadi kebutuhan mendesak sebagian nelayan setempat .

 

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa