Loading...

NEWS

#mediapemersatubangsa

Pengembangan Ketahanan Pangan Masyarkat

Kontributor Daerah • Kabupaten Agam15 Januari 2020 - 06:05 WIB

Pengembangan Ketahanan Pangan Masyarkat

Reporter : RUDI YUDISTIRA • Editor : Redaksi Berita

 

Untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang berada di Kecamatan Tanjung Mutiara Korem 032 Wirabraja dan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Barat melakukan pengembangan ketahanan pangan. Salah satu pengembangan ketahanan pangan tersebut adalah tersebut adalah perikanan tambak udang paname.

Danrem 032 Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibomo dan jajaran, akan mengembangkan program bios 44 untuk ketahanan pangan udang paname. program tersebut akan direaliasikan di Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam. Program tersebut kerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatra Barat dan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam.

Program tersebut sangat berkaitan erat terhadap peningkatan hasil produksi udang sebagai salah satu komoniti pangan nasional. Pengembangan tersebut tetap mengutamakan bentuk kearifan lokal masyarakat setempat. Sehingga berdampak terhadap pembangunan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu juga sebagai upaya untuk mendorong ketahanan pangan mandiri secara lokal, dan nantinya juga akan berdampak terhadap  ketahanan pangan nasional. Saat ini, Sumatera Barat telah memiliki 200 petak tambak udang paname. Dan diperkirakan 1 petak menghasilkan 1 ton udang sekali panen. Target kedepan 1000 petak udang agar dilanjutkan pembangunan pabrik pengolahan udang nantinya.

Sosial Media

 

News

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat