LIVE STREAMING

LIVE STREAMING TVRI SUMATERA BARAT
 
TINJAUAN ACARA

Kamis, 06 Agustus 2020

16 : 04SUMATERA BARAT HARI INI
17 : 00PARLEMENTARIA
 
INFO COVID-19
 
 
SOSIAL MEDIA
 
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Padang Pariaman15 Januari 2020 - 06:01 WIB
Tokoh Padang Pariaman Bangun Jalan Warga
Tokoh Padang Pariaman Bangun Jalan Warga

Reporter : ABDUL, SARIL • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Harapan masyarakat Korong Pamatang Tinggi, Nagari Sikucur Utara, Kecamatan Lima Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, akan perbaikan jalan didaerah mereka akhirnya terwujud. Salah seorang perantau minang yang juga tokoh Padang Pariaman, tergugah hatinya membangun jalan didaerah itu. Sehingga diharapkan akses masyarkat Pamatang Tinggi yang selama ini sulit kembali lancar. Puluhan tahun menanti, akhirnya harapan warga Korong Pamatang Tinggi, Nagari Sikucur Utara, Kecamatan Lima Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, akan perbaikan jalan didaerah mereka terwujud. Tosriadi Jamal, perantau minang yang juga tokoh terbaik Padang Pariaman tergugah hatinya untuk membangun jalan didaerah itu setelah mendengar informasi terkait sulitnya akses masyarakat didaerah itu.

Korong Pamatang Tinggi merupakan salah satu dari lima korong yang ada di Nagari Sikucur Utara, dengan jumlah penghuni 91 kepala keluarga, dimana selama ini daerah itu jauh dari perhatian. Tokoh masyarkat Padang Pariaman ini membuktikan langsung keinginannya untuk memperbaiki jalan didaerah itu, dengan mendatangkan sebuah alat berat, yang siap memperbaiki jalan sepanjang tiga setengah kilometer itu yang kondisinya sangat memprihatinkan. Tosriadi Jamal, tokoh Padang Pariaman asli Batang Anai itu, melihat bahwa di Padang Pariaman masih banyak akses masyarakat yang perlu dibenahi, terutama akses masyarkat yang berada di perkampungan atau korong. Salah satunya korong Pamatang Tinggi ini, dengan akses yang buruk membuat ongkos atau biaya untuk mengeluarkan hasil pertanian dan perkebunan masyarakat  lebih besar.Tosriadipun mengakui bahwa Padang Pariaman saat ini mengalami defisit anggaran yang sangat besar, sehingga keinginan masyarakat menambahkan akses yang bagus lambat diwujudkan. Kehadiran Tosriadi Jamal, harapan masyarkat berpuluh-puluh tahun itu akhirnya terwujud.

Sementara itu, tokoh masyarakat Korong Pamatang Tinggi Nasirman Chan, menyebutkan kesedihan yang dirasakan masyarakatnya selama ini. Bahwa jalan yang dibuka sejak tahun 1982 secara swadaya oleh masyarakat, kondisinya sangat memprihatinkan. Terlihat jalan yang masih tanah itu rusak parah. Jalan sepanjang tiga setengah kilo meter itu hanya bisa dilewati kendaraan bermotor, mengingat jalan cor yang dibuat warga hanya bisa dilalui kendaraan bermotor saja, itupun harus ekstra hati-hati, karena selain sempit, kiri kanan jalan juga banyak lobang-lobang besar dan sangat berbahaya.

Warga Pamatang Tinggi, mengaku sudah berulang kali melaporkan kondisi tersebut kepada pemerintah setempat mulai dari tingkat kecamatan hingga ketingkat kabupaten, namun hingga kini tak kunjung ada realisasinya. Namun kini kesedihan masyarakat Pamatang Tinggi mulai terobati, kehadiran Tosriadi Jamal tokoh Padang Pariaman itu, memperbaiki jalan didaerah mereka. Sementara itu anggota DPRD Padang Pariaman, Amardian, mengapresiasi langkah Tosriadi Jamal, tokoh terbaik Padang Pariaman itu yang sangat peduli kepada masyarakat. Langkah yang dilakukan Tosriadi memberikan cambuk kepada Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman yang tidak memperhatikan masyarakat dibawah. DPRD akan terus mendorong pemerintah agar bisa memprioritaskan untuk perbaikan jalan masyarakat dibawah. Selain memperbaiki jalan masyarakat, Tosriadi Jamal tokoh Padang Pariaman itu, juga melakukan penanaman serai wangi di Pamatang Tinggi. Penanaman serai wangi diharapkan juga dapat membantu meningkatkan penghasilan masyarakat didaerah itu.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa