LIVE STREAMING

LIVE STREAMING TVRI SUMATERA BARAT
 
TINJAUAN ACARA

Kamis, 13 Agustus 2020

Rangkaian acara pada hari Kamis, 13 Agustus 2020 belum dipublikasikan...

 
INFO COVID-19
 
 
SOSIAL MEDIA
 
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Solok selatan15 Januari 2020 - 06:45 WIB
Antisipasi Longsor Dengan Penanaman Pohon
Antisipasi Longsor Dengan Penanaman Pohon

Reporter : DIKY LESMANA • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Kepolisian Resort Solok Selatan, gelar penanaman pohon di lokasi bekas bencana dan bantaran aliran sungai. Kegiatan ini, Hal ini bertujuan untuk menekan dampak bencana banjir dan longsor. Penanaman pohon untuk meminimalisir terjadi banjir dan longsor dilakukan didua lokasi yang berbeda yakni, di bantaran sungai di Lubuk Alai, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, kemudian di lokasi bekas bencana banjir bandang, di Jorong Sapan Salak, Nagari Pakan Rabaa Timur, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh.

Kapolres Solok Selatan, AKBP Imam Yulisdianto saat melakukan penanaman pohon menjelasakan , kegiatan ini digelar secara serentak diseluruh wilayah Indonesia, karena kegiatan ini telah menjadi program Kapolri secara nasional, hal ini, juga sebagai upaya pencegahan terjadinya kembali bencana banjir dan longsor.

Dengan memperbanyak populasi pepohonan ini, diharapkan akan menjadi lumbung air dan menahan agar tidak terjadinya longsor ,karena penyebab banjir dan lonsor itu, selain karena intensitas curah bujan yang tinggi, juga disebabkan karena hutan yang telah gundul dan lahan tidur yang tidak produktif. Selain itu, kegiatan ini sekaligus membangkitkan kesadaran masyarakat dalam menjaga dan melestarikan ekositem alam, sehingga dapat dinikmati oleh anak cucu dimasa mendatang.

Hingga saat ini, Polres Solok Selatan telah melakukan penanaman pohon sebanyak lima ribu batang, penanaman pohon itu dilakukan di seluruh wilayah Solok Selatan termasuk dilokasi bekas tambang emas illegal, dan Polres Solok Selatan menargetkan akan melakukan penanaman pohon sebanyak sepuluh ribu pohon pada tahun ini. Diharapakan, dengan digelarnya kegiatan ini dapat meminimalisir dampak bencana alam di solok selatan.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa