Live Streaming

LIVE STREAMING TVRI SUMATERA BARAT
 
Tinjauan Acara

Sabtu, 30 Mei 2020

16 : 05SUMATERA BARAT HARI INI
17 : 00BRIZIK
17 : 30SUMBAR MEMBANGUN
 
Info Covid-19 Sumatera Barat
 
 
Sosial Media
 
Berita Detil
Kontributor Daerah • Daerah14 Januari 2020 - 06:38 WIB
Waspada Perubahan Ektrim Cuaca
Waspada Perubahan Ektrim Cuaca

Reporter : : DELIMA , JONI SARTIKA • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Badan penanggulangan bencana daerah Provinsi Sumatera Barat mengingatkan masyarakat Sumbar untuk mewaspadai perubahan ekstrim cuaca yang sewaktu-waktu dapat berubah di musim pancaroba  ini. Beberapa waktu lalu , BMKG pusat memprediksi hujan ekstrem berpotensi akan kembali melanda Indonesia hingga pertengahan bulan Januari.

Prakiraan cuaca ekstrem ini dipicu oleh fenomena madden julian eselasion, yaitu pergerakan aliran udara basah dari timur Afrika ke Samudera Hindia lalu melewati Indonesia dan berakhir di Samudera Pasifik. Pergerakan udara basah ini masuk lewat Sumatera Barat kemudian menuju pantai barat, lalu ke Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Jawa, termasuk Jabodetabek, Jawa Barat hingga Jawa Timur. dampak yang terjadi yakni hujan dengan intensitas tinggi atau lebat bahkan bisa ekstrim.

Sementara untuk Sumatera Barat sendiri, sejumlah Kabupaten Kota beberapa waktu lalu memang sempat dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi yang lama dan mengakibatkan banjir serta genangan air di beberapa titik. Kabid kedaruratan dan logistik BPBD Sumatera Barat, Rumainur menjelaskan, di awal tahun masa basah cuaca untuk di Provinsi Sumbar terbawa oleh angin ke daerah Jawa. sehingga menyebabkan Sumbar diawal tahun memasuki cuaca panas atau kering.

Meski demikian, Rumainur juga mengingatkan masyarakat Sumbar untuk bersiap terhadap perubahan ekstrim cuaca yang sedang memasuki musim pancaroba hingga akhir Januari nanti. Disamping itu Rumainur juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai angin kencang yang dapat menyebabkan pohon tumbang. Warga diminta untuk memiliki inisiatif sendiri memotong pohon yang sudah lapuk, atau berkoordinasi dengan personil BPBD jika menemukan pohon yang rentan tumbang.

 

 

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa