LIVE STREAMING

LIVE STREAMING TVRI SUMATERA BARAT
 
TINJAUAN ACARA

Kamis, 06 Agustus 2020

16 : 04SUMATERA BARAT HARI INI
17 : 00PARLEMENTARIA
 
INFO COVID-19
 
 
SOSIAL MEDIA
 
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Pasaman Barat13 Januari 2020 - 06:12 WIB
Koordinasi Lintas Sektoral Antisipasi Bencana
Koordinasi Lintas Sektoral Antisipasi Bencana

Reporter : ANDIKA / ANDIKA • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Menghadapi cuaca ekstrim dan menanggulangi resiko bencana, BPBD Pasaman Barat sudah melakukan koordinasi lintas sektoral. BPBD meminta, masyarakat bisa tanggap terhadap bencana, serta evakuasi mandiri sebelum datangnya bantuan. Cuaca ekstrim yang melanda Pasaman Barat sejak beberapa waktu belakangan dinilai sangat rentan terhadap bencana. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, seringnya kali melanda sebagian besar wilayah Pasaman Barat, sehingga beresiko terjadi banjir.

Guna menanggulangi resiko dan dampak bencana, BPBD Pasaman Barat, meningkatkan koordinasi lintas sektoral hingga tingkat nagari. Koordinasi tersebut dimaksudkan untuk langkah tanggap pencegahan dan evakuasi jika terjadi bencana mendadak. Kalatsa BPBD Pasaman Barat Edi Busti mengatakan, Pasaman Barat masuk kategori daerah rawan banjir dan longsor. Bahkan beberapa titik permukiman masyarakat di sekitar aliran sungai, sejak awal tahun sudah mulai digenangi air, akibat hujan atau luapan sungai.

BPBD meminta, masyarakat bersama KSB dan Nagari bisa tanggap bencana. Luasnya wilayah dan minimnya personil membuat, kemandirian terhadap bencana harus ditingkatkan. BPBD mengaku Tim Gabungan TNI, Polri, BPBD dan Sar terus siaga. Sementara itu khusus Daerah Pesisir, nelayan diminta waspada terhadap ancaman gelombang tinggi dan angin kencang saat menangkap ikan. Sedangkan masyarakat yang bermukim di pinggir pantai dan muara, harus tanggap terhadap ancaman banjir rob.

Guna memberikan layanan cepat dalam kebencaan, BPBD sudah menyiagakan Tim Reaksi cepat 24 jam. Dan membina potensi masyarakat yang ada. Disisi lain, melalui nagari dan papan himbauan, BPBD mengajak masyarakat berhati-hati di daerah rawan, banjir, longsor, pohon tumbang dan kawasan abrasi di Pesisir Pantai dan Daerah Garis Merah tsunami.

 

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa