Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Payakumbuh

Pembersihan Sungai Antisipasi Banjir

Kontributor DaerahLingkungan 11 Januari 2020 JAM 06:39:40 WIB

Mengantisipasi banjir akibat meluapnya aliran Sungai Batang Agam, ratusan Personil Polres Payakumbuh dibantu TNI, BPBD, petugas trantib serta beberapa orang warga, melakukan pembersihan sungai. Diharapkan kegiatan ini dapat manyadarkan masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai dari sampah yang menyebabkan terjadinya banjir.

Selain membersihkan aliran Sungai Batang Agam dari pohon-pohon yang berpotensi mengakibatkan luapan dan banjir, ratusan polisi bersama sejumlah instansi dan warga juga membersihkan Batang Agam dari berbagai jenis sampah, baik sampah plastic, sampah rumah tangga maupun sampah lainnya yang dibuang ke aliran sungai.

Bencana banjir yang terjadi beberapa waktu lalu di Payakumbuh, juga terjadi akibat meluapnya beberapa  sungai yang ada di Payakumbuh maupun di Kabupaten Limapuluh Kota. Banjir yang terjadi tidak saja menggenangi jalan dan lahan pertanian, namun juga merendam rumah warga. Pembersihan Sungai Batang Agam dari berbagai jenis sampah yang menumpuk, diharapkan bisa mencegah bencana banjir.

Pembersihan  Batang Agam yang melibatkan ratusan orang tersebut  diharapkan dapat  menggugah masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah ke sungai. Pendangkalan sungai biasanya  terjadi akibat bertumpuknya sampah berupa potongan kayu dan sampah yang dibuang masyarakat. Tidak hanya itu, beberapa pohon tumbang yang disinyalir terbawa arus sungai akibat curah hujan yang tinggi juga ditemukan berada di permukaan sungai, di bawah jembatan.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat