Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Payakumbuh

Ratusan Warga Payakumbuh Belum Rekam E-KTP

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 07 Januari 2020 JAM 06:45:42 WIB

Ratusan warga dari berbagai kelurahan belum melakukan perekaman KTP Elektronik. Dari ratusan warga  yang belum melakukan perekaman ini disebabkan beberapa hal, selain berdomisili diluar Payakumbuh karena alasan pendidikan, juga karena disebabkan adanya perpindahan penduduk yang tidak melapor.

Jumlah warga Kota Payakumbuh yang belum melakukan perekaman E-KTP di Payakumbuh terbilang sedikit jika dibandingkan dengan jumlah wajib KTP-EL yang mencapai angka 96 ribu lebih.  Hingga akhir Desember lalu, warga yang telah melakukan perekaman E-KTP diberbagai tempat di Payakumbuh  mencapai 99.69 %. Jumlah tersebut terbilang tinggi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Diperkirakan hanya sekitar 600 sampai 700 orang warga yang belum melakukan perekaman. Mereka yang belum melakukan perekaman tersebut masih didominasi oleh warga Payakumbuh yang tengah menempuh pendidikan maupun bekerja di luar Payakumbuh. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Payakumbuh juga terus menghimbau dan mengingatkan warga yang belum perekaman untuk segera melakukan perekaman, apalagi dalam waktu dekat akan digelar pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Selain itu, warga yang telah melakukan perekaman E-KTP, namun belum mengambil E-KTP, untuk segera melakukan penjemputan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Salah satu cara yang dilakukan Disdukcapil untuk mencapai target 100 persen, salah satunya dengan melakukan perekaman ke sekolah-sekolah maupun perekaman ke kelurahan-kelurahan. Disdukcapil juga menyebutkan bahwa nantinya juga akan menyediakan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang akan memudahkan masyarakat dalam melakukan perekaman data.

 

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat