Loading...

NEWS

#mediapemersatubangsa

Harga beras solok naik

TVRI Sumatera Barat • Kota Solok25 Juli 2016 - 08:52 WIB

Harga beras solok naik

Reporter : Arie Pratama Setiawan • Editor : Redaksi Berita

 

Harga beras di Pasar Raya Kota Solok mengalami kenaikan semenjak sepekan terakhir ini. Kenaikan harga beras dipicu akibat kurangnya pasokan karena banyaknya petani yang mengalami gagal panen akibat cuaca kemarau. Harga komoditas beras di Pasar Raya Kota Solok mengalami kenaikan rata-rata seribu rupiah perkilo gram sejak seminggu terakhir, kenaikan harga beras dipicu menipisnya stok beras dari daerah.

Sebelumnya harga beras Solok jenis sokan dan anak daro dari 11 ribu rupiah menjadi 12 ribu  300 rupiah perkilo gram, sedangkan untuk harga beras ketan 12 ribu rupiah perliter. Selain itu harga beras mping ketan juga mengalami kenaikan dari 13 ribu rupiah perliter menjadi 15 ribu rupiah perliter.Sementara itu tidak hanya pembeli yang mengeluh dengan kenaikan beras, para pedagangpun mengeluh akan sepinya pembeli karna banyak pedagang yang mengampas beras meski harga jual relatif mahal ketimbang di pasar.

Salah seorang pedagang mengatakan bahwa stok beras yang menipis ini merupakan akibat dari gagal panen yang terjadi di daerah solok sendiri. Kenaikan harga beras ini tidak hanya dirasakan oleh ibu rumah tangga, sementara pedagang makananpun ikut meraskan dampaknya sebab mereka harus bertahan dengan harga lama.

Para pedagang memprediksi kenaikan harga beras ini akan terus berlangsung lama hingga musim panen berikutnya. Selain itu harga beras juga diperkirakan akan lebih tinggi dari kenaikan harga beras pada tahun lalu.

Info Covid-19

 

Sosial Media

Instagram

Youtube

Facebook

 

News

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat