Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Warga Resahkan Gerusan Aliran Batang Talu

Kontributor DaerahLingkungan 03 Januari 2020 JAM 06:33:18 WIB

Sejumlah rumah dan fasilitas ibadah, di kawasan padat penduduk, Nagari Talu, Kebupaten Pasaman Barat terancam amblas dan masuk ke aliran sungai. Saat ini, beberapa rumah warga berada sangat dekat dengan aliran sungai Batang Talu, dan dikhawatirkan akan amblas apabila volume air meningkat.

Puluhan rumah dihuni ratusan kepala keluarga yang bermukim di dua kejorongan, di Nagari Talu Kabupaten Pasaman Barat terancam masuk ke aliran sungai Batang Talu. Bahkan beberapa rumah warga saat ini hanya berjarak sekitar dua meter dari tebing sungai. Erosi atau pengikisan tebing, aliran sungai batang talu ini meliputi permukiman warga di Jorong Patamuan dan Sungai Janiah. Akibat banjir beberapa waktu lalu, erosi semakin mengancam keselamatan rumah dan lahan pertanian masayrakat.

Perbaikan bagian tebing selama ini hanya dilakukan secara Swadaya masayrakat. Mereka berharap ada pemasangan penahan tebing, agar masyarakat bisa tenang dan tidak khwatir rumah mereka amblas saat hujan atau banjir dating.

Salah seorang korban Doringgo utama mengaku saat khawatir saat hujan datang. Bangunan rumah yang berjarak sekitar dua meter dari bibir sungai. Bahkan saat hujan beberapa hari lalu, bagian dapur rumahnya hampir saja jatuh. Masayrakat meminta, ada perhatian  khusus untuk penanggulangan bencana di daerah mereka. Berada di Daerah Hulu Sungai dan daerah perbukitan membuat Talu dan sekitarnya rawan terjadi banjir badang atau longsor.

 

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat