Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaDaerah

300 Lebih Masyarakat Penerima PKH Sudah Mandiri

Kontributor DaerahEkonomi 01 Januari 2020 JAM 06:32:08 WIB

Selama tahun 2019, sebanyak 300 lebih masyarakat penerima bantuan program keluarga harapan di Sumatra Barat sudah memasuki tahap mandiri. Dengan bantuan dan arahan dari Dinas Sosial dan pembinaan oleh pendamping, kini masyarakat penerima bantuan PKH sudah berganti status dari konsumtif menjadi produktif.

Program keluarga harapan yang kini sudah dilaksanakan di seluruh Kabupaten /Kota di Sumatra Barat memberikan dampak yang positif terhadap keluarga penerima bantuan PKH. Jika ditotalkan selama tahun 2019, ada sebanyak 300 lebih keluarga , sebanyak 300 lebih penerima bantuan program keluarga harapan di Sumatra Barat sudah memasuki tahap mandiri.

Bergantinya status dari konsumtif menjadi produktif atau mandiri ini berkat usaha yang dilakukan oleh penerima bantuan PKH yang ingin meningkatkan perekoniannya. Menuju ke tahap mandiri ini juga dengan usaha-usaha yang telah oleh para pendamping PKH di setiap Kabupaten/Kota. peran pendamping ini adalah mengkondisikan jika terjadi masalah-masalah dalam proses penyaluran bantuan program keluarga harapan.

Kabid Banjamsos Dinsos Sumbar Irwan Basir mengungkapkan dalam pembinaan masyarakat oleh pendamping, perlu perubahan-perubahan perilaku sosial masyarakat untuk meningkatkan harkat dan martabat dari keluarga penerima bantuan PKH. Untuk total bantuan PKH ini adalah sebanyak 2 juta rupiah setiap tahunnya dan terdiri dari 3 tahapan. di harapkan di tahun 2020 akan lebih banyak lagi keluarga yang mandiri dari bantuan PKH tersebut sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat di Sumatra Barat.

 

 

Wartawan : MONA, NURUL QALBI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat