Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaDaerah

Cegah Pungli Sekolah Harus Punya Perencanaan

Kontributor DaerahPendidikan 31 Desember 2019 JAM 06:02:56 WIB

Sektor pendidikan masih menjadi perhatian karena rawan dengan pungutan liar atau pungli. Untuk menghindari indikasi pungli tersebut, sekolah harus memiliki perencanaan termasuk sumbangan khusus yang disepakati antara pihak sekolah komite dan orang tua siswa.

Mendapat alokasi anggaran lebih dari 20 persen, sektor pendidikan masih menjadi perhatian karena rawan aksi pungli oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Besarnya anggaran untuk sektor pendidikan ini bukan berarti semua kebutuhan akan mencukupi tapi masih saja ada kekurangan dari berbagai sisi. Aksi dugaan pungutan liar masih membayangi dunia pendidikan terutama di sekolah, tapi tidak semua pungutan bisa dikategorikan pungutan liar.

Jika pungutan yang dilakukan sudah masuk dalam perencanaan sekolah jangka panjang dan dibuat berdasarkan pengetahuan komite dan orang tua hal tersebut tidak termasuk kategori pungutan liar. Untuk itu semua sekolah diharapkan memiliki rancangan anggaran untuk jangka panjang atau pun pendek dan transparansi dalam penggunaan anggaran, hal ini untuk menghindari terjadinya pungutan liar.

Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat berharap tahun depan, aksi atau dugaan pungutan liar dapat dihilangkan. Selain itu pihak sekolah juga diharapkan dapat meningkatkan diskusi dengan komite sokolah serta orang tua siswa jika akan membuat perencanaan untuk pungutan ataupun sumbangan di sekolah.

Wartawan : SHERLY/ NURUL QALBI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat