Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

BPOM Padang tidak temukan peredaran vaksin palsu

TVRI Sumatera BaratKesehatan 01 Juli 2016 JAM 08:48:13 WIB

Hingga saat ini Badan Pengawasan Obat dan Makanan BPOM Padang tidak menemukan adanya indikasi vaksin palsu yang beredar di sejumlah rumah sakit,  klinik kesehatan maupun apotik di kota Padang. Terkait dengan vaksin palsu yang meresahkan masyarakat ini BPOM bersama tim akan terus melakukan pemantauan ke lokasi lainnya yang di curigai berpotensi untuk peredaran vaksin palsu tersebut.

Sejak beredarnya informasi terkait vaksin palsu yang beredar di sejumlah daerah di Indonesia, Badan Pengawasan Obat dan Makanan BPOM Padang di Sumatera Barat sejak empat hari yang lalu langsung turun kelapangan untuk melakukan peninjauan ke rumah sakit, klinik kesehatan maupun apotik-apotik di daerah. Hingga kemarin BPOM bersama Dinas Kesehatan Provinsi dan Kota telah melakukan pemantauan ke 23 sarana klinik serta rumah sakit swasta, rumah sakit bersalin, sarana distribusi, sarana pelayanan kesehatan masyarakat, apotik serta praktek bidan.

Dari pemantauan tersebut BPOM dan tim tidak menemukan adanya indikasi peredaran vaksin palsu untuk di kota Padang dan sekitarnya. Meski demikian hingga saat ini BPOM masih terus melakukan koordinasi untuk melakukan peninjauan kelapangan ke lokasi yang belum di sidak. Pemantaun ini tidak hanya dilakukan di kota, tapi  juga di seluruh kabupaten kota yang ada. Dari data yang di peroleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan BPOM Padang terdapat 9 Provinsi yang sudah masuk daftar peredaran vaksin palsu diantaranya untuk pulau Sumatera yaitu Batam, Medan dan Pekanbaru.

Secara kasat mata sulit untuk membedakan vaksin palsu dan vaksin asli, namun peredaran dapat di tinjau dari sumber vaksin apakah pasokan diambil dari pemasok resmi atau dari pihak swasta. BPOM menghimbau sarana pelayanan kesehatan masayarakat harus melakukan pengadaan obat – obatan dari pihak resmi seperti pedagang besar farmasi atau dari gudang farmasi dinas kesehatan.

Wartawan : Sherly Zulkarnaen / Atfriandi
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat