Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

33 Anggota PANWASCAM Diminta Bekerja Maksimal

Kontributor DaerahPemerintahan 23 Desember 2019 JAM 06:35:38 WIB

Tiga puluh tiga orang anggota PANWASCAM, akan bekerja mengawasi pelaksanaan PILKADA serentak, di Pasaman Barat. Luasnya wilayah dan masih minimnya jumlah anggota, membuat BAWASLU harus memaksimalkan personil yang ada, termasuk pengawasan partisipatif dari masyarakat.

Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pasaman Barat, meminta seluruh anggota PANWASCAM bisa bekerja maksimal, mengawasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak tahun dua ribu dua puluh mendatang. Minimnya jumlah pengawas, membuat BAWASLU dan PANWASCAM harus bisa bermitra dengan masyarakat, dalam pengawasan partisipatif. Ketua BAWASLU Pasaman Barat Embra Patria meminta, tiga puluh tiga orang anggota PANWASCAM yang bekerja di sebelas kecamatan nanti, bisa berkoordinasi dengan sejumlah elemen, agar pengawasan PEMILU lebih efektif. Serta kompak dengan anggota PPL dan Pengawas TPS nantinya.

Sebelumnya, BAWASLU menerima dua ratus enam puluh sembilan berkas pelamar, namun hanya dua ratus empat puluh dua yang mengikuti ujian tes tertulis, sehingga memutuskan tiga puluh tiga orang yang menjadi anggota PANWASCAM. Setelah dilantik, seluruh anggota PANWASCAM akan diberikan bimbingan teknis, tentang pengawasan PEMILU dan administrasi di Sekretariat PANWASCAM masing-masing. Sekarang BAWASLU masih melalukan pementaan kerawanan PEMILU di Pasaman Barat, agar lebih mudah dalam pengawasan.

Berdasarkan pengalaman PILKADA dan PILEG lalu, Pasaman Barat masih termasuk daerah rawan pelanggaran PEMILU. Seperti politik uang, kampanye hitam dan jenis pelanggaran lainnya. Setelah dilantik, anggota PANWASCAM akan betugas mengawasi PEMILU, hingga satu tahun kedepan. BAWASLU meminta anggota PANWASCAM bisa komitmen dengan pekerjaan dan memberikan yang terbaik, agar tercipta PEMILU yang adil dan berdaulat.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat