Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Solok selatan

Korban Banjir Solok Selatan Krisis Air Bersih

Kontributor DaerahBencana Alam 17 Desember 2019 JAM 06:28:33 WIB

Pasca banjir Solok Selatan, ratusan kepala keluarga di Nagari Tarandam Kecamatan Sungai Pagu Solok Selatan Sumatera Barat mengalami krisis air bersih. Warga terpaksa menggunakan air hujan dan air isi ulang untuk keperluan minum karena rusaknya saluran pipa PDAM di daerah tersebut.

Tiga hari pasca banjir bandang, pasokan air bersih di Nagari Tarandam Kecamatan Sungai Pagu Solok Selatan terganggu akibat rusaknya saluran pipa PDAM. Pipa Distribusi Air ini banyak rusak akibat di terjang banjir. Informasi yang di peroleh terdapat 16 intake dan enam pipa PDAM yang rusak, sehinga pelayanan air bersih ke masyarakat terganggu. Dari total empat kecamatan yang terdampak banjir, sedikitnya ada 6.400 pelanggan PDAM.

Pasokan air bersih yang ada sangat terbatas dan di tampung bersama warga lainnya. Pasokan air bersih yang ada hanya bisa dipergunakan untuk memasak air dan kebutuhan minum. Sementara sebagian warga terpaksa mengkonsumsi air hujan dan air isi ulang untuk kebutuhan minum dan mandi. Warga sangat menantikan adanya bantuan dari pemerintah setempat untuk menyalurkan air bersih ke permukiman warga.

Sementara itu di genangan lumpur masih merendam rumah-rumah warga di Kabupaten Solok Selatan (SolSel), Sumatera Barat. Ratusan kepala keluarga hingga hari minggu ini bergotong royong membersihkan permukiman mereka. Saat ini korban banjir sangat membutuhkan pakaian dan perlengkapan bayi, karena barang-barang yang mereka miliki terendam air dan terseret arus banjir.

Wartawan : DICKY LESMANA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat