Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Bukittinggi

Literasi Dan Inklusi Keuangan Lampaui Target

Kontributor DaerahEkonomi 09 Desember 2019 JAM 06:57:22 WIB

Peningkatan akses   keuangan   tingkat literasi  dan inklusi  keuangan masyarakat  meningkat drastis di Sumatera Barat. Target yang di patok   pada angka 75  persen  inklusi dan literasi  pada angka 35 persen terlampaui. Survei  Literasi  Keuangan  Indonesia (SLKI) tahun 2016  literasi  hanya mencapai 29,7 persen  dan inklusi  67,8 persen.

Namun pada tahun 2019  ini  bisa mencapai  75 persen inklusi  dan 35 persen  literasi. Untuk meningkatkan  berbagai upaya  dalam  memacu  inklusi  keuangan  masyarakat  terus dilakukan. Seperti memperluas akses  keuangan  dan penguatan  infrastruktur   akses keuangan.

Perluasan akses   antara lain  melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR)  dan menyasar anak sekolah  melalui Simpanan  Pelajar (Simpel)  dan  pembentukan Bank Wakaf  Mikro. Kepala  OJK Sumatera Barat Darwisman  mengatakan  terus melakukan upaya  kunstruktif  dengan tujuan  meningkatkan   akses   pembiayaan   sekaligus   meningkatkan  pemahaman  industri jasa  keuangan  kepada sektor   pangan dan pertanian.

Hal ini  diungkapkap kepala OJK Sumatera Barat  Darwisman  saat media gatering   bersama 30  orang wartawan   ekonomi  dari berbagai media   masa  di Bukittinggi. Kepala OJK perwakilan sumatera Barat Darwisman  mengapresiasi   peran aktif media  masa  ikut mendukung  program  peningkatan   inklusi dan literasi  keuangan.

Wartawan : DELIMA/ AGUSRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat