LIVE STREAMING

LIVE STREAMING TVRI SUMATERA BARAT
 
TINJAUAN ACARA

Jum'at, 03 Juli 2020

16 : 05SUMATERA BARAT HARI INI
17 : 00NUANSA IMAN
 
INFO COVID-19
 
 
SOSIAL MEDIA
 
Berita Detil
TVRI Sumatera Barat • Kabupaten Padang Pariaman28 Juni 2016 - 07:41 WIB
Jelang mudik Lebaran Ditjen periksa kelaikan pesawat
Jelang mudik Lebaran Ditjen periksa kelaikan pesawat

Reporter : Tua Saman Siregar • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Jelang mudik lebaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara  melakukan pengecekan kalaikan pesawat yang beroperasi selama mudik Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah. Dari hasil pengecekan yang dilakukan, 573 pesawat dari 31 maskapai penerbangan dinyatakan layak untuk beroperasi sebagai moda transportasi bagi pemudik lebaran.

Mengantisipasi adanya insiden dan kecelakaan tranportasi udara selama arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah, Direktorat Jenderal Perhubungan melakukan pengcekan kelaikan operasi pesawat di seluruh bandara di Indonesia termasuk Bandara Internasional Minangkabau. Pemeriksaan kelaikan yang dilakukan untuk mengantisipasi adanya insiden maupun kecelakaan akibat transportasi udara yang tidak layak beroperasi khususnya jelang arus mudik 2016.

Direktur Kelaikudaraan Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan, Mohammad Alwi menjelaskan berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan terdapat  573 pesawat dari 31 maskapai penerbangan dinyatakan layak untuk beroperasi sebagai moda transportasi bagi pemudik lebaran Idul Fitri 1437 Hijiriah. Pemeriksaan kelaikan operasi pesawat dilakukan sejak 27 Mei 2016 hingga 24 Juni 2016 lalu,  pemeriksaan ini dilakukan di 26 bandara yang ada di Indonesia bahkan untuk satu pesawat dilakukan pemeriksaan sebanyak tiga kali.

Namun pada umumnya pemeriksaan banyak dilakukan di bandara kota besar seperti Cengkareng, Surabaya, Mmakassar dan Medan serta beberapa bandara lainnya di Indonesia. Sebelumya petugas menemukan lima unit pesawat yang tidak layak terbang sehingga petugas merintahkan untuk memperbaiki bagian pesawat yang rusak di anggar.

Mohammad Alwi meminta  para pemudik   untuk tidak khawatir   menggunakan moda tranportasi udara karena sudah melawati pemriksaan kelayakan terbang yang dilakukan oleh petugas. Sementara itu, GM Angkasa Pura memperkirakan arus mudik Lebaran Idul Fitri 1437 Hijrian  Bandara Internasional Minangkabau akan berlangsung pada empat hari jelang Lebaran yakni Sabtu 2 Juli 2016 mendatang. Menghadapi arus mudik Bandara Internasional Minangkabau menambah Ekstra Flight  menjadi 122 Flight dari  66 Flight.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa