Loading...

NEWS

#mediapemersatubangsa

Pertumbuhan Ekonomi Sumbar Melambat

Kontributor Daerah • Daerah05 Desember 2019 - 06:17 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Sumbar Melambat

Reporter : IRWAN SANTOSO/ JONI SARTIKA • Editor : Redaksi Berita

 

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Sumatera Barat tahun 2019 mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2018. Penurunan ini terjadi karena rendahnya investasi dan rendahnya permintaan global. Pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat di tahun 2019 mengalami penurunan dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi tahun 2018 lalu.

Laju pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat diperkirakan berada dalam rentang 4,8% sampai 5,2% lebih rendah dibandingkan  tahun 2018 yang mencapai 5,14%. Penurunan ini terjadi karena menurunnya investasi swasta sejak satu tahun terakhir, masih rendahnya permintaan global, dan maraknya penerapan proteksionalisme perdagangan internasional yang berdampak pada kinerja ekspor secara keseluruhan.

Selain itu, kondisi harga komoditas yang terus turun diperkiran juga akan menjadi faktor penahan pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat 2019. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengembangkan dan mendukung  UMKM yang dimiliki masyarakat seperti usaha songket. Selain itu juga dibutuhkan pengembangan pariwisata baik itu wisata alam maupun wisata kesejarahan, serta pengembangan Sistem Ekonomi Syariah.

Kepala Bank Indonesia perwakilan Sumbar mengatakan, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat maka diperlukan adanya sumber perekonomian yang baru seperti pengembangan pariwisata dan meningkatkan investasi. Untuk meningkatkan investasi dibutuhkan investor yang berasal dari luar dan dalam Sumatera Barat. Investor dari dalam Sumatera Barat dapat dikembangkan dengan cara membangun dan membina UMKM dengan berbagai usaha yang mereka miliki.

Sosial Media

 

News

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat