Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaNasional

Sampah Di Olah Menjadi Paving Blok

Kontributor DaerahLingkungan 03 Desember 2019 JAM 06:59:57 WIB

Keberadaan sampah tidak hanya menjadi limbah, namun bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang berguna dan bernilai ekonomis. Warga di Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, berhasil memanfaatkan sampah menjadi paving blok. Berawal dari rasa peduli terhadap lingkungan, salah seorang warga Taman Bunga Impian Okura, Jalan Panjang Okura, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, bernama Musni Dianto, berhasil mengolah sampah plastik, menjadi paving block yang layak guna, dan bernilai ekonomis. Dimulai dari keprihatinan banyaknya sampah di lokasi wisata, Taman Bunga Impian Okura yang dikelolanya, Musni menciptakan inovasi mengolah sampah, sehingga lokasi Taman Bunga Impian Okura tidak tercemar.

Limbah yang awalnya tidak berguna, dimanfaatkan untuk pembuatan paving block, yang mana caranya cukup mudah. Sampah yang telah terkumpul dipanaskan dalam wajan atau kuali selama lebih kurang 30 menit atau hingga mencair, kemudian plastik yang telah mencair dicetak dalam cetakan dan dipadatkan dengan mesin manual. Selanjutnya, diamkan lima menit setelah dipadatkan, serta masukkan kedalam air dan lalu keluarkan dari cetakan dengan menggunakan palu, dan paving block siap digunakan.

Sejauh ini, kendala yang hadapi dalam pengelolaan sampah adalah cara pengelolaan yang masih manual, sehingga asap yang keluar dari hasil pembakaran sampah sangat membahayakan kesehatan tubuh. Untuk itu mereka menggunakan masker saat proses pembuatan paving blok. Usaha ini masih terbilang baru di lakoni muslim. Usaha ini di mulai pada bulan Agustus 2019, untuk sementara paving blok belum di jual keluar, hanya di gunakan di Taman Bunga.

Wartawan : REDAKSI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat