Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Dua Jembatan Di Nagari Persiapan Giri Maju Rusak Parah

Kontributor DaerahBencana Alam 27 November 2019 JAM 06:20:43 WIB

Akibat hujan deras dan banjir beberapa hari lalu, dua jembatan  di Nagari Persiapan Giri Maju, Kabupaten Pasaman Barat butuh perbaikan. Jika tidak segera diperbaiki, kondisi itu akan mengancam kelangsungan perekonomian masyarakat sekitar. Hujan deras dan banjir beberapa hari lalu, membuat dua unit jembatan usaha tani dan akses masyarakat di Nagari Persiapan Giri Maju, Kebupaten Pasaman Barat rusak parah. Bahkan bagian pangkal salah satu jembatan itu sudah amblas dan tidak bisa dilewati kendaraan lagi.

Kerusakan terparah dialami jembatan delapan lima Sungai Pinaga Kariang. Bagian pangkal disisi kiri dan kanan sudah amblas, sehingga sama sekali tidak bisa dilewati oleh kendaraan. Sementara kondisi jembatan sembilan lima Sungai Tareh masih bisa dilewati, kendaraan roda, pasca ditimbun dan diperbaiki oleh masyarakat sekitar. Selain jembatan, jalan di kawasan permukiman masyarakat juga mengalami kerusakan cukup parah. Banyaknya bebatuan dan bergelombang, membuat jalan itu berbahaya saat dilewati kendaraan, terutama sepeda motor.

Sekretaris Nagari Persiapan Giri Maju Joharman mengatakan, banjir kemarin membuat petani mulai kesulitan membawa hasil panen mereka. Kerusakan jembatan membuat mereka harus mencari jalan alternatif dengan memutar cukup jauh. Sementara khusus untuk beberapa daerah, petani tidak memiliki jalan alternatif.

Pasca kejadian Pemerintah Nagari sudah mengusulkan perbaikan kepada Pemerintah Daerah Pasaman Barat. Besar harapan, kerusakan jembatan itu diperbaiki segera, agar kegiatan pertanian dan mobilitas masyarakat berjalan lancar. Selain kerusakan dua jembatan dan jalan, kondisi jembatan Sungai Ambar juga mengalami keretakan, masyarakat khawatir jika dibiarkan jembatan tersebut akan amlbas, dan memutus akses jalan masyarakat Nagari Persiapan Giri Maju, sehingga butuh penanganan segera.

 

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat