LIVE STREAMING

LIVE STREAMING TVRI SUMATERA BARAT
 
TINJAUAN ACARA

Selasa, 20 Oktober 2020

Rangkaian acara pada hari Selasa, 20 Oktober 2020 belum dipublikasikan...

 
INFO COVID-19
 
 
SOSIAL MEDIA
 
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Limapuluh Kota26 November 2019 - 06:03 WIB
Anak Tidak Sekolah Di 50 Kota Capai Ribuan Orang
Anak Tidak Sekolah Di 50 Kota Capai Ribuan Orang

Reporter : EDWARD • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Ribuan anak di sejumlah kecamatan di Kab. 50 Kota tidak sekolah karena berbagai alasan, jumlah tersebut merupakan hasil pendataan tahun 2017 lalu. Mengantisipasi munculnya persoalan terkait berbagai hal atas itu, dinas pendidikan menghimbau mereka untuk mengikuti pendidikan paket. Tingginya jumlah anak tidak sekolah di Kab. 50 Kota terjadi akibat berbagai persoalan,selain karena alasan orang tua yang berpindah-pindah,pengaruh lingkungan juga menjadi faktor penyebab yang cukup besar, termasuk faktor ekonomi. Jumlah anak yang tidak sekolah tersebut hasil pendataan pendidikan non formal Kementrian Pendidikan pada tahun 2017 lalu mencapai 2323 orang. Jumlah tersebut tersebar di 13 kecamatan yang ada di Kab. 50 Kota.

Mengurangi jumlah anak tidak sekolah itu, dinas pendidikan bersama sejumlah lembaga terkait telah menganjurkan untuk mengikuti pendidikan non formal. Dari 13 kecamatan yang ada, Kecamatan Pangkalan merupakan daerah yang paling tinggi jumlah anak yang tidak sekolah. Faktor perpindahan orang tua dan pengaruh lingkungan menjadi penyebab terbanyak mereka terpaksa tidak sekolah.

Tingginya jumlah anak yang tidak sekolah nantinya akan menimbulkan angka pengangguran yang juga tinggi, rendahnya kualitas SDM serta menambah kenakalan. Dinas pendidikan terus mendorong agar orang tua dan pihak-pihak terkait untuk segera menyekolahkan anak tidak sekolah itu kesekolah non formal yang ada di masing-masing nagari ataupun kecamatan.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa