Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Limapuluh Kota

Anak Tidak Sekolah Di 50 Kota Capai Ribuan Orang

Kontributor DaerahPendidikan 26 November 2019 JAM 06:03:54 WIB

Ribuan anak di sejumlah kecamatan di Kab. 50 Kota tidak sekolah karena berbagai alasan, jumlah tersebut merupakan hasil pendataan tahun 2017 lalu. Mengantisipasi munculnya persoalan terkait berbagai hal atas itu, dinas pendidikan menghimbau mereka untuk mengikuti pendidikan paket. Tingginya jumlah anak tidak sekolah di Kab. 50 Kota terjadi akibat berbagai persoalan,selain karena alasan orang tua yang berpindah-pindah,pengaruh lingkungan juga menjadi faktor penyebab yang cukup besar, termasuk faktor ekonomi. Jumlah anak yang tidak sekolah tersebut hasil pendataan pendidikan non formal Kementrian Pendidikan pada tahun 2017 lalu mencapai 2323 orang. Jumlah tersebut tersebar di 13 kecamatan yang ada di Kab. 50 Kota.

Mengurangi jumlah anak tidak sekolah itu, dinas pendidikan bersama sejumlah lembaga terkait telah menganjurkan untuk mengikuti pendidikan non formal. Dari 13 kecamatan yang ada, Kecamatan Pangkalan merupakan daerah yang paling tinggi jumlah anak yang tidak sekolah. Faktor perpindahan orang tua dan pengaruh lingkungan menjadi penyebab terbanyak mereka terpaksa tidak sekolah.

Tingginya jumlah anak yang tidak sekolah nantinya akan menimbulkan angka pengangguran yang juga tinggi, rendahnya kualitas SDM serta menambah kenakalan. Dinas pendidikan terus mendorong agar orang tua dan pihak-pihak terkait untuk segera menyekolahkan anak tidak sekolah itu kesekolah non formal yang ada di masing-masing nagari ataupun kecamatan.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat