Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Pengawas TPS Di Pilkada 2020 Berkurang.

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 22 November 2019 JAM 06:17:09 WIB

Badan pengawas pemilu Kabupaten Pasaman Barat, memprediksi jumlah pengawas TPS saat perhelatan pilkada serentak tahun 2020 mendatang akan berkurang. Berdasarkan data KPU,  jumlah TPS Pilkada nanti berkisar 887 TPS, padahal saat pemilu serentak lalu, berjumlah 1206 TPS. Setelah menandatangi naskah perjanjian hibah daerah beberapa waktu lalu, Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat, mulai melakukan perencanaan dan pementaan petugas pengawas pemilihan kepala daerah 2020 mendatang.

Bawaslu Pasaman Barat memprediksi, jumlah pengawas TPS pilkada nanti berkisar 887 orang. Berkurangnya jumlah pengawas TPS itu, seiring dengan berkurangnya jumlah TPS oleh KPU Pasaman Barat. Ketua Bawaslu Pasaman Barat Embra Patria mengaku, perengkutan pengawas pemilu dimulai secara bertahap. Setelah perekrutan pengawas tingkat kecamatan dan pengawas nagari atau desa.

Panwascam akan lanjut dengan perengkutan pengawas tingkat TPS. Sebelumnya bawaslu mengusulkan adanya pengawas tingkat nagari persiapan.  Setelah mengelar rasionalisasi anggaran pemerintah daerah hanya menyetujui anggaran pengawasan di 19 nagari saja. Bawaslu berupaya, dengan ketersedian anggaran pasca NPHD lalu, mereka akan mengoptimalkan personil yang ada untuk mengawal pelaksanaan pemilu kepala daerah serentak.

Di sisi lain,  masyarakat diminta aktif berpartisipasi, baik pengawasan paritisipatif atau bergabung dengan bawaslu, melalui perekturtan panwascam, PPL di Nagari dan pengawas TPS nantinya. Perekrutan pengawas pemilu itu akan dimulai pada bulan November ini  dan dilanjutakan dengan tahapan seleksi khusus panwascam. Setelah terbentuk panwascam, selanjutnya akan dilakukan perekrutan petugas di tingkat TPS, sebagai ujung tombak pengawasan saat pemungutan suara di TPS 23 september 2020 mendatang.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : prihandonodona


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat