Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Pelayanan Kesehatan Di Gedung Sementara

Kontributor DaerahKesehatan 22 November 2019 JAM 06:11:43 WIB

Petugas Medis di Puskemas Sukomananti,  menjamin seluruh pelayanan Medis dan Kesehatan Masyarakat, tetap berjalan seperti biasa, meski mereka sedang berada di gedung sementara. Petugas meminta, masyarakat memaklumi kondisi yang ada, sampai selesainya pembangunan gedung puskesmas yang sebelumnya.Sejak dimulainya proses pembangunan di Gedung Puskesmas Sukomananti beberapa bulan lalu. Seluruh pelayanan kesehatan dan rawat inap dipindahkan petugas ke gedung pertemuan Nagari Aua Kuniang.

Petugas menjamin, meski berada di gedung sementara seluruh pelayanan tetap berjalan. Setiap harinya, puskesmas tersebut melayani sekitar delapan puluh hingga seratus dua puluh orang pasien, dan sejumlah  pasien rawat inap. Meski jumlah tempat tidur rawat inap berkurang dari biasanya, namun masih tetap bisa menampung pasien dalam kasus tertentu. Kepala puskesmas Sukomananti Riza Amelia mengatakan, mereka mambagi gedung menjadi tiga bagian,  terdiri dari bagian kantor,  program dan layanan kesehatan masyarakat.  Walaupun berada di gedung sementara, aktivitas poli, dan ruangan IGD serta rawatan masih berfungsi sebagaimana biasanya.

Mengoptimalkan kondisi gedung, enam puluh orang petugas di puskemas itu melakukan peran masing-masing.Terutama pelayanan dan pemeriksaan kesehatan terhadap masyarakat, agar bisa lebih efektif dan efesien, dengan memberikan sekat di beberapa bagian tertentu. Petugas berharap masyarakat bisa memaklumi kondisi, hingga proses pembangunan selesai.

Sementara waktu, masyakarat harus dilayani di tempat yang sederhana. Petugas mencatat, saat ini sebagian besar keluhan masyarakat adalah penyakit Ispa, Hipertensi, Gas Kritis dan sejumlah penyakit akibat perubahan cuaca lainnya. Petugas memprediksi awal tahun nanti mereka bisa menempati gedung puskemas baru.  Sehingga pelayanan bisa lebih maksimal.  Terutama bagi pasien rawat inap dan poli tertentu,  yang membutuhkan ruangan khusus.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat