Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Dharmasraya

Merkuri Cemari Sungai Batang Hari

Kontributor DaerahLingkungan 20 November 2019 JAM 06:49:36 WIB

Kasus pencemaran Sungai Batang Hari oleh zat merkuri kini sudah menjadi kasus Nasional. Pejabat di daerah diminta untuk menyurati Presiden RI terkait dengan masalah tersebut. Setelah melakukan kunjungan ke Sumatra Barat, terutama ke Daerah Sijunjung dan Dharmasraya. Kepala BNPB Doni Monardo menemukan adanya pencemaran yang disebabkan oleh zat merkuri.

Terkait dengan hal tersebut Doni Monardo telah memanggil pejabat dari masing-masing daerah yang terdampak zat merkuri  untuk melakukan rapat di Jakarta.Diantaranya pejabat yang dipanggil adalah Gubernur SUMBAR yang diwakili Wakil Gubernur SUMBAR, Bupati Sijunjung, Bupati Dharmasraya dan Bupati Solok Selatan, termasuk Provinsi Jambi. Hal tersebut dikarenakan Sungai Batang Hari juga bermuara hingga ke Provinsi Jambi.

Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit mengungkapkan bahwa kepala daerah terkait diminta untuk menyurati presiden mengenai masalah Sungai Batang Hari yang dicemari oleh merkuri tersebut. Hingga saat ini, hal yang diduga menjadi penyebab utama dari pencemaran Sungai Batang Hari tersebut adalah penambangan Emas Liar. 

 

 

 

 

 

 

Wartawan : MONA / JONI SARTIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat