Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Kelangkaan Solar Tidak Pengaruhi Harga Bahan Pangan

Kontributor DaerahEkonomi 14 November 2019 JAM 06:06:20 WIB

Kelangkaan solar yang sudah beberapa lama terjadi disejumlah wilayah di Sumatera Barat, ternyata tidak berpengaruh terhadap penjual  bahan pokok di pasaran, salah satunya di Pasar Tabing Kota Padang. Sudah hampir 2 bulan terjadinya kelangkaan bahan bakar minyak jenis solar di sejumlah wilayah di Sumatera Barat. Hal tersebut mengakibatkan beberapa kerugian seperti kemacetan di sekitar SPBU.

Ternyata kelangkaan solar tidak mempengaruhi jaul beli pedagang di pasaran, yang biasa menerima bahan dagangan yang dibawa oleh mobil dari beberapa daerah. Salah satunya di Pasar Tabing Kota Padang ini. Pedagang mengaku masih mengambil pasokan bahan jualannya dengan harga yang sama seperti sebelum terjadinya kelangkaan bahan bakar solar. Meski ada beberapa harga bahan pokok yang naik, hal ini  dikarenakan cuaca kemarau yang terjadi di wilayah pemasok bahan baku tersebut. Seperti harga bawang merah ukuran menengah yang semula dijual 25 ribu perkilo, kini naik menjadi 30 ribu rupiah perkilonya. Harga sayur buncis dari 10 ribu rupiah naik menjadi 15 ribu rupiah perkilo.

Salah seorang pedagang di Pasar Tabing, Rani mengungkapkan, ia dan beberapa pedagang lainnya tidak mengalami kesulitan atau kerugian akibat kelangkaan bahan bakar solar tersebut. Berbeda dengan harga bawang merah dan buncis yang naik secara signifikan, harga cabai kini masih dijual dengan harga yang berfariasi dan sering berubah-ubah.

 

Wartawan : MONA/ JONI SARTIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat