Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Registrasi Kartu Ak -1 Capai 6000 Lebih

Kontributor DaerahPendidikan 06 November 2019 JAM 06:20:48 WIB

Jelang penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2019, registrasi kartu ak-1 kian meningkat. Pencari kerja yang datang mendaftar ke dinas tenaga kerja kota Padang, hingga sekarang terpantau sudah mencapai 6.000 lebih.    Pembukaan penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) pada tahun 2019 akan di mulai pada tanggal 11 November mendatang.

Untuk itu dinas tenaga kerja kota padang, siap melayani Pencaker yang akan melakukan registrasi kartu ak-1. Berdasarkan data dinas tenaga kerja kota Padang, pada hari biasa, hanya 20 sampai 30 Pencaker yang melakukan registrasi. Namun, kini meningkat 100%, dalam sehari Pencaker yang datang bisa mencapai 70 sampai 80 orang. Hingga sekarang, berdasarkan pantauan Disnaker kota Padang pencaker yang sudah teregistrasi sebanyak 6000 lebih.

Selain itu, pengurusan kartu ak-1 ini tidak mempersulit Pencaker, sesuai dengan SOP dan standart mutu baku pelayanan yang sudah tersertifikasi ISO 9001 2015 yang ada, sedangkan pembuatan kartu ak-1 hanya berkisar 10-15 menit saja. Faizal mengaku sampai saat ini, tidak ada kendala atau hambatan yang berarti terkait meningkatnya Pencaker yang melakukan registrasi kartu ak-1 di disnaker kota padang.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari pemerintah pusat, kartu ak-1 ini akan bertransformasi menjadi kartu pra – kerja. Ada 3 sasaran yang dituju, yaitu, pencari kerja yang sudah mempunyai kartu ak-1 dan sudah 2 tahun mencari kerja, untuk pekerja yang di PHK atau diberhentikan, dan pekerja yang ingin pindah ke  profesi lainnya. Faizal menghimbau masyarakat usia 20 hingga 30 tahun, khususnya pencari kerja, untuk mendaftarkan diri ke data base ketenagakerjaan agar Disnaker mempunyai data pencari kerja yang lebih baik dan akurat.

Wartawan : NAGHMAH MAJID/ JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat