Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Satlantas Polres Pasbar Keluarkan 1091 Tilang

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 06 November 2019 JAM 06:54:08 WIB

Selama menggelar Operasi Zebra tiga belas hari terakhir, jajaran Satlantas Polres Pasaman Barat menilang seribu sembilan puluh satu kendaraan. Sebagian besar pelanggaran dilakukan oleh pengendara roda dua karena tidak menggunakan helm atau tidak dilengkapi surat-surat kendaraan.

Sebanyak seribu sembilan puluh satu kendaraan terpaksa ditilang oleh jajaran satuan lalu lintas Polres Pasaman Barat, selama menggelar Operasi Zebra Singgalang sejak tiga belas hari belakangan ini. sebagian besar kendaraan yang ditilang merupakan kendaraan roda dua, yang tidak dilengkapi surat-surat atau kelengkapan berkendara. Jumlah tersebut diprediksi akan bertambah hingga hari ke empat belas. Kasatlantas Polres Pasaman Barat AKP Andri Nugroho mengatakan, sejak dimulai Operasi Zebra, timnya melakukan razia secara menyeluruh dan tersistim di seluruh wilayah Kabupaten Pasaman Barat. Bahkan di momen tertentu petugas mengelar razia di daerah terpinggir Kabupaten Pasaman Barat.

Petugas mengaku, selama operasi jenis pelanggaran yang paling mendominasi adalah pengendara yang tidak membawa kelengkapan surat-surat dan kelengkapan kendaraan dengan batas usia di atas dua puluh tahun ke atas, kemudian diikuti oleh pelanggaran yang dilakukan pengendara di bawah umur, seperti pelajar atau anak-anak.

Selain barang bukti surat-surat, petugas juga terpaksa menahan sejumlah kendaraan milik masyarakat, karena saat diperiksa mereka tidak bisa memperlihatkan surat kendaraan mereka. Semua barang bukti tersebut diamankan di kantor Santlantas Polres Pasaman Barat, untuk diproses lebih lanjut.

Sebagai daerah dengan angka kecelakaan dan pelanggaran cukup tinggi, petugas meminta semua pihak, terutama pengendara agar tertib berlalu lintas. Besar harapan pasca Operasi Zebra, pengendara bisa lebih tertib, baik di jalan utama maupun di daerah pinggiran.

Satlantas Polres Pasaman Barat meminta, masyarakat dan guru bisa ikut andil, mengawasi anak-anak di bawah umur, agar tidak berkendara, selain melanggar aturan, berkendara di bawah umur juga mengancam keselamatan diri dan pengedara lainnya. Selain Operasi Zebra petugas akan tetap menggelar razia untuk menciptakan rasa aman dan ketertiban di jalan raya.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat