Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

Kerugian akibat gempa bumi Pessel capai 27 milyar

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 13 Juni 2016 JAM 06:00:00 WIB

Kerugian akibat gempa bumi pada awal Juni lalu di Kabupaten Pesisir Selatan mencapai 27 milyar Rupiah lebih. Saat ini proses verifikasi data kerusakan terus dilakukan oleh tim Pusat Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB.

Berdasarkan data terakhir kerusakan gempa bumi yang terjadi pada 2 Juni 2016 lalu di Kabupaten Pesisir Selatan, tercatat sebanyak 3.000 lebih rumah yang rusak. Sesuai dengan data yang direkap oleh 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan mengakibatkan angka kerugian akibat gempa bumi mencapai 27 milyar Rupiah lebih. 

Dari update data terakhir, sebanyak 104 rumah rusak berat, 695 rusak sedang dan 2 ribu 707 rusak ringan, sementara kerusakan sarana prasarana umum terdapat sebanyak 150 unit, yang terdiri dari sekolah, rumah ibadah dan kantor pemerintahan. Hingga kini proses verifikasi oleh tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana masih dilakukan hingga beberapa minggu kedepan.

Korban gempa bumi diupayakan akan mendapatkan bantuan rekontruksi, terutama bagi rumah warga yang termasuk pada kategori rusak berat. Bantuan dana bersumber dari anggaran pusat melalui BNPB, yang akan disalurkan langsung kepada warga korban gempa secara bertahap.

Wartawan : Nining Abrianti
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat