Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Agam

Akses Jalan Terputus Dilanda Banjir Bandang

Kontributor DaerahBencana Alam 25 Oktober 2019 JAM 06:08:28 WIB

Akses jalan Cacang Randah menuju Bukik Malintang, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara putus akibat diterjang banjir bandang. Kondisi tersebut membuat 3 perkampungan terancam telisolir, karena  jalur ini  merupakan jalur terdekat masyarakat dan pelajar ke Pusat Pemerintahan.

Kondisi jembatan di Jorong Cacang Randah, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam Putus. Kedua sisi atas dan bawah jalan, amblas tergerus banjir bandang. Kondisi tersebut membuat sekitar 300 orang penduduk di Jorong Bukik Malintang terancam telisolir. Walinagari Tanjung Utara, ambris mengatakan akses jalan tersebut sudah lama menjadi langganan banjir bandang.

Saluran irigasi yang terlalu kecil dan satu-satunya pembuangan ke sungai membuat daya tampung tidak memadai. Semestinya, harus ada tiga saluran pembuangan ke sungai, agar kondisi tersebut tidak terus terjadi. Sementara sumber air di saat hujan lebat melanda, terdapat 3 titik perbukitan dan jalan raya. Ditambah kondisi bendungan sudah lama jebol akibat banjir yang serupa.

Warga berharap pemerintah daerah segera mencarikan solusi, agar banjir bandang tidak terus merusak akses jalan dan jembatan tersebut. Ambris menambahkan saat ini, tim BPBD Agam telah mengupayakan  bantuan secara darurat,  dengan mencari pohon kelapa dan melintangkan antara badan jalan seberang ke jembatan. Sehingga jalan kembali dapat dilalui untuk sementara.

Wartawan : RUDI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat